APEL Kota Batu Dituntut Bisa Mengayomi dan Lebih Merakyat

Suasana Pelantikan Pengurus Baru APEL Kota Batu di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu, Rabu (9/5).

Kota Batu,Bhirawa
Pemerintah Kota Batu melantik kepengurusan baru Asosiasi Pemerintah Desa dan Kelurahan (APEL) Kota Batu 2018-2023 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu, Rabu (9/5). Dan sebagai Kepala Pemerintahan tertinggi di tingkat Desa/ Kelurahan, para Kades dan Lurah bisa mengayomi keinginan dan kebutuhan warganya.
Dalam kepengurusan baru ini, Kepala Desa Oro-Oro Ombo Wiweko didapuk memimpin APEL untuk periode lima tahun ke depan. Ia menggantikan pejabat sebelumnya, Tri Wahyono Effendi yang juga Kepala Desa Pendem.
Dalam pesannya, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan bahwa tugas aparatur desa tidak ringan. Sebab mereka semua berhubungan langsung dengan masyarakat, dan menjadi jujukan awal masyarakat ketika menghadapi sebuah permasalahan yang berhubungan dengan pelayanan publik. “Tapi saya berterima kasih kepada Ketua APEL yang lama atas segala tugas dan pengabdian kepada masyarakat selama ini, dan berharap pada pengurus baru bisa mejalankan amanat yang diterimanya,”ujar Punjul.
Ia memastikan bahwa semua pihak akan dan harus mendukung Ketua APEL yang baru. Agar lembaga dapat berjalan dengan baik serta bisa mewujudkan tujuan yang dtetapkan.
“Apa yang baik dihasilkan Ketua periode lalu, marilah dilanjutkan. Namun apabila masih ada kekurangan, marilah kita sikapi dengan evaluasi hambatan yang terjadi,” tambah Punjul.
Dengan semua harapan itu, Wakil Walikota mengajak agar dengan alih tugas ini bisa lebih membuka pintu kesuksesan bagi Asosiasi Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam menghidupkan dan merealisasikan visi Walikota Batu, Desa Berdaya Kota Berjaya.
Menyikapi hal itu, Ketua APEL yang baru Wiweko menyatakan komitmennya untuk mengemban jabatan dengan amanah. “Untuk program meneruskan sebelumnya. Penting adalah memperkuat koordinasi dan konsultasi berkaitan dengan program dan perencanaan pembangunan desa dengan Pemkot dan OPD terkait,” kata Wiweko
Setelah dilakukan penandatangan berita acara Serah Terima Jabatan (sertijab), dilakukan penyerahan stempel kepada pengurus APEL yang baru disaksikan oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso. Hadir pula dalam acara sertijab ini, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nur Rochman, Perwakilan Dandim 0818 Batu, Perwakilan Kajari Batu , dan Pj.Sekda Kota Batu yang bari dilantik, Edi Murtono.(nas)

Tags: