Ancam Tak Perpanjang Ijin Tempat Hiburan Nekat Buka Ramadan

Kasatpol Kota Mojokerto dan Kasatbinmas Polres Mojokerto kota memasang stiker di salah satu rumah karaoke,  Rabu (16/5). [kariyadi/bhirawa].

Kota Mojokerto, Bhirawa
Satpol PP Kota Mojokerto memberikan warning kepada tempat hiburan atau sejenisnya yang nekat buka di saat ramadhan. Lembaga pengawal Perda ini memgancam akan merekomendasikan tidak meperpanjang ijin kepada pemilik lokasi hiburan malam yang melanggar surat edaran Wali kota Mokokerto.
“Ini kita keliling dan mengecek sejumlah tempat karaoke untuk memastikan larangan beroperasi selama Ramadhan sudah diterima.dan jalankan, sekaligus menempelkan selebaran yang berisi larangan beroperasi selama. Ramadhan, ” ujar Heryana Dodik Murtono,  Kasatpol Kota Mojokerto diyemuo disalah satu. Rumah karaoke,  Rabu (16/5).
Dodik menambahkan, bahwa larangan hiburan malam tutup total selama lebaran sudah dituangkan dalam Intruksi walikota nomor 188.55 tahun 2018 yang diedarkan Bakesbangpol.
“Kita akan terus pantau dilapangan, kalau ada yang melanggar kita siapkan sanksi, termasuk tidak memperpanjang ijin operasional, ” tambah pria alumnus STPDN ini.
Dodik menabahkan, meski sudah ada larangan namun pihaknya akan terus memantau semua tempat hiburan malam, karaoke dan panti pijat. Kalau ada yang bandel akan diberi sanksi tegas.
“Kita sudah sosialisasi dan nanti kita juga akan tetap melakukan patroli. Kalau ada yang nekat buka akan ditutup paksa, dan diberi sanksi tegas termasuk pertimbangan perpanjangan izinnya,” ulang Dodik.
Pemkot Mojokerto melarang keras tempat karaoke, panti pijat di Mojokerto beroperasi selama bulan suci ramadhan. Larangan ini dituangkan dalam indtruksi Wali kota.
Dalam intruksi walikota tentang penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman selama Ramadhan dan Idul Fitri dijelaskan, ada 13 poin yang berisi himbauan, larangan, pemantauan hingga penindakan atau sanksi bagi yang melanggar.
Dalam poin 8 dijelaskan, semua tempat hiburan malam, karaoke dan panti pijat harus tutup selama bulan suci ramadhan. Sedangkan khusus bioskop hanya boleh buka pada jam tayang 18:30 WIB sampai pukul 22:00 WIB.
Anang Fahruroji, Kepala Bakesbangpol kota Mojokerto mengatakan, surat edaran yang berisi instruksi walikota ini sudah diedarkan di semua lokasi hiburan malam, panti pijat, karaoke dan sasaran lainnya. “Kita juga memampang di beberapa tempat umum,” katanya.
Sementara mengenai pemantauan dan penindakan apabila ada yang melaggar akan diserahkan ke Satpol PP. “Kita akan melakukan pemantauan rutin dengan melibatkan Satpol PP selaku penegak perda,” pungkas Anang. [kar]

Tags: