UNBK Hari Kedua di Bangkalan Lancar

Pejabat (Pj) Bupati Bangkalan, I Gusti Ngurah Indra Setiabudi saat melakukan sidak pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat di Kabupaten Bangkalan.

Bangkalan, Bhirawa
Pejabat (Pj) Bupati Bangkalan, I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh mengatakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat pada hari kedua di Kabupaten lancar.
“Berbeda dengan kemarin yang sempat terjadi gangguan pada jaringan komputernya, hari ini lancar,” ujar Indra dalam keterangan persnya kepada media di Bangkalan, Selasa (24/4) kemarin.
Ia menuturkan, pelaksanaan UNBK di hari pertama, yakni Senin (23/4) sempat mengalami gangguan teknis. Sebab server dari pusat tiba-tiba offline.
Akibatnya pelaksanaan UNBK sempat molor satu jam lebih. “Mestinya dimulai pukul 07:30 WIB. Namun, sampai pukul 09:15 belum bisa dimulai,” kata Indra, menuturkan hasil pemantauan yang digelar pada hari pertama pelaksanaan ujian.
“Tapi hari ini, semuanya sudah lancar, tidak ada kendala lagi. Demikian hasil monitoring dinas di berbagai lembaga pendidikan juga sama, tidak ada kendala,” katanya, menjelaskan.
Peserta UNBK tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bangkalan kali ini 15.820 orang siswa, dari 354 SMP/MTs se-Kabupaten Bangkalan.
Perinciannya, untuk lembaga SMP sebanyak 109 lembaga yang menyelenggarakan UNBK mandiri dan 110 lembaga penggabung dengan total jumlah siswa sebanyak 10.951 orang.
Lembaga MTs sebanyak 80 lembaga penyelenggara UNBK mandiri, sedangkan sebanyak 55 lembaga lainnya merupakan penggabung, dengan total jumlah siswa sebanyak 4.869 orang.
Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Bambang Mustika, penyelenggara UNBK kali ini belum semua sekolah, karena keterbatasan sarana dan prasarana.
“UNBK tahun depan kami menargetkan semua lembaga pendidikan sudah bisa menggelar UNBK,” katanya, menjelaskan.
Jadwal pelaksanaan UNBK serentak mulai Senin, 23 April 2018 hingga Kamis, 26 April 2018. UNBK susulan mulai Selasa, 8 Mei 2018 hingga Rabu, 9 Mei 2018.
Materi pelajaran yang diujikan meliputi, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.
UNBK untuk SMK telah digelar Senin, 2 April 2018 hingga Kamis, 5 April 2018 dengan materi ujian meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.
UNBK SMA dan MA mulai Senin, 9 April 2018 hingga Kamis, 12 April 2018 dengan materi ujian meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Satu mata pelajaran jurusan.
UNBK untuk kejar paket B akan dilaksanakan tanggal 4 hingga tanggal 6 Mei, sedangkan untuk kejar paket C atau setingkat SMA/MA akan digelar tanggal 27 hingga 30 April 2018. [ant/lis]

Rate this article!
Tags: