UMKM Kabupaten Lamongan Serap 327 Ribu Tenaga Kerja

Pengrajin Batik Lamongan. [Suprayitno/bhirawa]

Lamongan, Bhirawa
Di Kabupaten Lamongan terdapat sebanyak 130.006 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah menyerap sebanyak 327.422 tenaga kerja. Ini adalah data tahun 2016 berdasar Sensus Ekonomi yang dilaksanankan Badan Pusat Statistik (BPS).
Bahkan beberapa telah melakukan ekspor produk. Seperti UD Lembah Hijau Kecamatan Kedungpring yang telah mengekspor aneka cemilan ke Chicago, Malaysia dan Brunei Darussalam. Unit usaha ini juga sudah dipercaya dan telah mengisi produk pada tenant-tenant besar di Indonesia, seperti Giant dan Alfamart.
Untuk melindungi produk UMKM, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan memfasilitasi Perijinan Industri Rumah Tangga (P-IRT), sertifikasi halal dan merek atau hak paten. Sampai dengan saat ini terdapat 75 UMKM yang telah memiliki Perijinan Industri Rumah Tangga (P-IRT), 15 sertifikasi halal dan 15 telah dipatenkan mereknya.
Tak hanya itu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga memberikan sejumlah pelatihan. Pada tahun 2018 ini, seperti disebutkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Anang Taufik, pelatihan difokuskan pada UMKM yang bergerak di bidang fashion, khususnya batik. [yit]

Tags: