Tanam Kebhinekaan, Ponpes Ploso Kab.Kediri Gelar Parade Santri

Parade Santri Ponpes Al Falah Ploso Kediri

Kab Kediri, Bhirawa
Ribuan santri dari Ponpes Al Falah Ploso Kediri berhasil memukau ribuan pengunjung saat menampilkan ragam budaya dari daerah masing-masing dalam parade santri yang digelar Minggu (16/4) kemarin.
Pengasuh Ponpes Al Falah Ploso KH Nurul Huda Djazuli mengatakan jika, parade santri ini selain untuk mengenalkan kebinekaan, juga untuk memberikan semangat kepada para santri dengan menampilkan budaya, artinya Pondok Ploso tidak tahu dengan kesenian.
“Supaya semua orang juga tahu jika Ponpes Alfalah Ploso ini tidak tabu dengan kesenian kesenian itu, ” kata Kyai Huda pada wartawan.
Hal senada dikatakan Gus Kautsar yang juga Keluarga dari Ponpes Al Falah, menurut nya dengan menampilkan beragam budaya dari tempat asal santri ini akan memupuk kreativitas para santri disamping tugas utamanya mengaji, selain itu juga untuk mendidik para santri untuk menghargai perbedaan budaya yang ada di Indonesia.
“Kami ingin menampilkan kepada masyarakat secara umum jika di Ponpes ini santri benar benar diwadahi untuk saling menghargai budaya dan memahami jika di Indonesia ini beragam Kebudayaan nya” kata Abdul Rahman Al Kautsar yang akrab di sapa Gus Kautsar.
Kapolresta Kediri AKBP Anthon Heryadi yang juga hadir dalam Parade Santri ini mengungkapkan apresiasinya dalam kegiatan ini, menurutnya Santri juga sebagai pilar bangsa ,
“Kita semua tahu, santri memiliki andil besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan , hingga kita bisa menikmati kemerdekaan ini, Saya melihat dari parade santri ini menjadikan tekad kuat menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia” kata Anthon.
Sementara dalam Parade Santri ini diikuti oleh 2000 santri dari seluruh Nusantara, mereka menampilkan kesenian dari daerah masing masing, dari Drum Band hingga Kesenian Tari Tradisional . [van]

Tags: