Ribuan Warga Bojonegoro Bersaing Rebut 4.200 Lowongan Kerja

Bojonegoro, Bhirawa
Melalui kegiatan job market fair 2018 ini pemerintah dorong peningkatan partisipasi angkatan kerja dan perluasan kesempatan kerja serta tingkat pengangguran terbuka di jawa timur.
Animo pencari kerja di Kabupaten Bojonegoro cukup tinggi.ribuan pencari kerja memadati gedung maharani Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro.
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur di Bojonegoro dalam Job Market Fair (JMF), Senin (9/4) yang diikuti oleh puluhan perusahaan dari berbagai wilayah yang bergerak dari berbagai bidang.
Plt. Sekretaris Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, Widyo Yudho Prayitno mengungkapkan, kurang lebih ada 4200 lowongan pekerjaan yang ditawarkan pada JMF ini, dan ada 29 perusahaan yang turut serta untuk mencari rekrutmen tenaga kerja, bahkan beberapa perusahaan tersebut langsung membuka stand pada JMF
” Dalam JMF ini bisa mempertemukan pencari Kerja dan pemberi kerja, sehingga pencari kerja bisa menanyakan langsung apa saja lowongan pekerjaan yang dibutuhkan dimasing-masing perusahaan,” kata Widyo Yudho Prayitno.
Dirinya menambahkan, bahkan ada ada 2 perusahaan saat ikut JMF yang saat ini membutuhkan 2000 tenaga kerja yakni Perusahaan yang bergerak dibidang Pengalengan Udang dan Perusahaan Textil.
Rencananya JMF ini akan dilaksanakan di 5 wilayah Bakorwil Jawa Timur. Oleh karena itu JMF ini memang sebagai upaya memfasilitasi masyarakat luas dalam mencari pekerjaan, yang di fasilitasi oleh Disnakertransos dan Bakorwil.
“Karena Negara hadir, sebagai upaya untuk Memperluas kesempatan dan memberikan bantuan peluang kerja diberbagai perusahaan,” tutur Widyo
Diharapkan dengan adanya JMF ini, para pencari kerja bisa memanfaatkannya serta menghemat waktu serta tenaga, dan biaya yang di keluarkan oleh pencari kerja, sehingga mereka bisa langsung melamar diperusahaan yang diinginkan bisa dalam mendapatkan pekerjaan.
” Mereka (pencari kerja) tidak perlu datang langsung ke perusahaan, itupun kalau bertemu dengan bagian personalian, kalau tidak harus wira-wiri berapa biaya yang dikeluarkan. Dengan JMF ini mereka diundang oleh Disnakertrans,” imbuhnya.
Sebelumnya JMF ini dilaksanakan di wilayah Bakorwil Kabupaten Jombang pada tanggal 29 Maret lalu. Sedang untuk pelaksanaan JMF lainnya akan dilaksanakan di Kabupaten Madiun, Malang dan Pamekasan dimana semuanya akan dilaksanakan di Bakorwil masing-masing. [bas]

Tags: