Rakerwas Itwasda, Wakapolda Tekankan PAM Pilkada Damai

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo menekankan Pilkada damai dalam Rakerwas Itwasda di Mapolda Jatim, Selasa (10/4).[abednego/bhirawa]

Polda Jatim, Bhirawa
Polda Jatim menggelar Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Itwasda dengan seluruh Polres jajaran di gedung Rupatama Polda Jatim, Selasa (10/4). Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo dalam raker menekankan persiapan pengamanan (PAM) Pilkada serentak 2018 di Jawa Timur.
Rakerwas Itwasda dipimpin Wakapolda Jatim didampingi Irwasda Polda Jatim Kombes Pol Sutardjo dan Karoops Polda Jatim Kombes Pol Hery Sitompul. Serta dihadiri oleh peserta, yakni Wakapolres jajaran Polda Jatim, Kasiwas jajaran Polda Jatim dan Kasubbag Renmin Satker Polda Jatim.
Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan, Rakerwas ini dilaksanakan setiap tahunnya. Secepatnya akan ada penekanan kembali terhadap para seluruh jajaran pada fungsi pengawasan yang tiap wilayah dipimpin Wakapolres dan fungsi pengawasan dari Kasiwas Polres. Terlebih tahun ini ada momen-momen penting dalam mempersatukan pesepsi guna Pilkada damai.
“Dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh potensi yang ada di Jawa Timur ini hanya untuk satu kata, yakni mengamankan Pilkada yang damai,” kata Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo usai Rakerwas, Selasa (10/4).
Ditanya terkait kondisi keamanan Jatim jelang Pilkada serentak 2018 ini, Widodo mengaku saat ini suasana Jatim masih cukup kondusif. Sebab, Kapolda Jatim beserta staf jajaran mulai dari Mapolda sampai tingkatan Polres dan Polsek jajaran turut mendukung kegiatan pengamanan proses tahapan hingga pelaksanaan Pilkada. “Alhamdulillah sampai dengan saat ini kondisi Jatim menjelang Pilkada nanti pada 27 Juni sangat kondusif,” jelasnya.
Jenderal Polisi bintang satu tersebut menegaskan, melalui pengawasan rutin diharapkannya ada kesamaan persepsi tentang bagaimana fungsi pengawasan berlangsung. Terutama guna berjalannya tugas-tugas yang terkait dengan aturan-aturan dan norma-norma yang sudah disepakati.
“Aturan-aturan ini sesuai dengan ketentuan dari Markas Besar Polri. Di samping itu juga ada kegiatan-kegiatan yang lebih spesifik untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” tegasnya.
Wakapolda menambahkan, tak hanya pada pelaksanaan Pilkada, pengamanan oleh polri diwujudkan juga pada pelaksanaan debat Pilgub Jatim yang digelar di Dyandra Surabaya, Selasa (10/4) kemarin. Bahkan Jenderal Polisi bintang satu ini menegaskan jika pihaknya tidak akan meremehkan terkait pengamanan acara yang digelar KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jatim tersebut.
“Pengamanan (debat Pilgub) kami siapkan dari Polrestabes Surabaya. Polda juga sudah siapkan personel. Jumlahnya kurang lebih 1.000 personel,” tambahnya. [bed]

Tags: