Rakernis Tahunan Fokuskan PAM Pilkada 2018 Bidang Reserse

Polda Jatim, Bhirawa
Polda Jatim menggelar rapat kerja teknis (rakernis) bidang Reserse di seluruh Polres jajaran. Bertepatan dengan momen Pilkada serentak 2018 di Jatim, rakernis yang diikuti fungsi reserse ini salah satunya memfokuskan pengamanan (PAM) Pilkada di bidang reserse.
Dihadiri ratusan fungsi reserse dari Reserse Kriminal Umum, Reserse Kriminal Khusus dan Reserse Narkoba, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan, rakernis ini diadakan setiap tahun sekali. Dihadiri seluruh anggota reserse tingkat Polda maupun Polres, Widodo mengaku, rakernis ini merumuskan permasalahan di bidang reserse jajaran Polda Jatim.
“Rakernis yang diadakan setiap tahun ini, merumuskan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2018 ini, tentunya bidang reserse. Salah satunya yakni dalam menghadapi pengamanan pada proses Pilkada serentak 2018 Jatim di bidang reserse,” kata Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Senin (23/4).
Selain itu, sambung Widodo, dalam rakernis ini Polda Jatim juga menghadirkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kehadiran Bawaslu berkaitan dengan memberikan informasi dan perkembangan situasi, setiap tahapan proses Pilkada, tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Serta menganalisa permasalahan atau dugaan pelanggaran dalam tahapan Pilkada.
“Kehadiran Bawaslu ini bertujuan untuk koordinasi di bidang Sentra Penegakkan Hukum Terpadu atau Gakkumdu. Fungsi reserse dalam Gakkumdu ini berhubungan erat dengan permasalahan-permasalahan di Pilkada,” jelasnya.
Sementara itu, Wadireskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara menambahkan, dalam kegiatan rakernis ini juga menekankan kepada tindakan pencegahan-pencegahan terhadap hal-hal yang mempunyai permasalahan di bidang reserse. Contohnya seperti kasus minuman keras atau minuman beralkohol.
“Misalnya kasus minuman keras dan kemudian penindakan terhadap miras oplosan. Permasalahan ini dapat dihandel oleh Direktorat Kriminal Umum dan Direktorat Narkoba maupun Khusus (Ditreskrimsus, red) itu sendiri,” tambahnya.
Rakernis ini, sambung Arman, juga membahas mengenai teknis ke depan di dalam pengungkapan kasus-kasus yang sifatnya menjadi atensi. Dikatakannya, ada beberapa kasus atensi yang dimasukkan ke dalam satuan penugasan atau yang disebut dengan Satgas. Satgas ini akan berperan khusus pada bidang yang ditangani.
“Lima Satgas ini adalah Satgas Merkuri, Satgas Pangan dan Beras, Satgas Saber, terus ada Satgas OTT atau Saber Pungli dan Satgas yang hubungannya sama skimming,” tegasnya.
Arman mengaku, rakernis bidang Reserse 2018 ini sifatnya untuk memaksimalkan dan menindak dinamika kejahatan yang ada ataupun diperkirakan muncul di Pilkada 2018. [bed]

Tags: