Puti: Waduk Kalimati Perkuat Pertanian

Puti Guntur Soekarno melihat maket penyelesaian proyek nasional pembangunan long storage atau waduk di lahan Kalimati di Tarik, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto, Bhirawa
Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah membangun long storage atau waduk di lahan Kalimati, bekas aliran Sungai Brantas. Letaknya di Tarik, Kabupaten Mojokerto.
Calon Wakil Gubernur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno, melihat penyelesaian proyek nasional itu bakal banyak manfaatnya bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto. “Warga di dua daerah ini kelak akan menikmati waduk ini,” kata Puti Guntur, Minggu (22/4) kemarin.
Pembangunan infrastruktur itu dimulai Januari 2018. Diperkirakan selesai 2019. Luas waduk sekitar 5 kilometer persegi dan Mampu menampung air 1,6 juta kubik.
Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) mengalokasikan Rp 336 miliar dari dana APBN. “Pak Jokowi terus memacu penyelesaian proyek-proyek nasional, termasuk yang ada di Jawa Timur. Salah satunya long storage,” kata Puti Guntur.
“Kelak proyek ini akan bermanfaat bagi bahan baku air PDAM, baik Sidoarjo maupun Mojokerto. Juga akan mengairi keperluan irigasi pertanian. Selain itu, bisa dikembangkan untuk wisata air,” ujarnya.

Lumbung Suara
Di Sidoarjo calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno meminta jajaran PDI Perjuangan (PDIP) Sidoarjo untuk bergerak ‘door to door’, dari rumah ke rumah. Dengan cara begitu, maka pemilih dikunjungi dan dijaga hingga pemungutan suara Pilkada Jawa Timur, 27 Juni 2018 nanti.
Pesan tersebut disampaikan Puti Guntur dalam Rapat Kerja Cabang PDIP Sidoarjo, yang dihadiri sekitar 3 ribu pengurus PDIP se-Sidoarjo, mulai pengurus tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa, pada Sabtu (21/4).
“Saudara-saudara se-perjuangan, datanglah dari rumah ke rumah. Ketuklah pintu-pintu rumah warga. Jelaskan program-program Gus Ipul dan saya. Ajaklah pemilih untuk mencoblos nomor 2,” kata Puti Guntur.
Untuk Sidoarjo, jumlah pemilih diperkirakan 1,3 juta pemilih. Posisi Sidoarjo menjadi strategis karena berdekatan dengan Kota Surabaya, yang mempunyai 2,1 juta pemilih. “Seperti Surabaya, kita ingin menang tebal di Sidoarjo. Kita jadikan Sidoarjo sebagai salah satu lumbung suara dalam Pilkada Jawa Timur,” kata Puti. [geh.ach]

Tags: