PT Telkom Support Jaringan 11 Ribu Lebih Sekolah

Telkom support jaringan 11.000 sekolah.

Surabaya, Bhirawa
Setelah sukses mendukung pelaksanaan program UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di tahun 2016 dan tahun 2017 , tahun ini Telkom dipercaya mensupport dan mengawal jaringan internet untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 11 ribu lebih sekolah setingkat SMA/MA, SMP, dan SMK se Jatim, Bali, dan Nusra.
Hal ini seperti dikatakan oleh Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto Rabu (11/4) kemarin, “Ini adalah tahun ketiga kami menyiapkan jaringan internet untuk 11.861 sekolah setingkat SMP, SMA/MA, dan SMK untuk mengikuti UNBK di wilayah Jatim, Bali, dan Nusra,” ungkapnya.
Untuk hal ini, tambahnya, pihaknya telah mengerahkan potensi infrastruktur jaringan akses internet handal yang dimiliki oleh Telkom, mulai dari akses satelit sampai pada jaringan akses fiber optik.
Hingga hari ini, saat pelaksanaan UNBK sudah mulai berjalan untuk tingkat SMA/MA, Telkom terus lakukan pengawalan dan monitoring terkait kelancaran pelaksanaannya di 78 kota/kabupaten se- Jatim, Bali, Nusra. “Kami telah menyiapkan Posko khusus untuk UNBK ini, dimana jika terjadi gangguan, maka pihak sekolah dapat melakukan pelaporan ke hotline Posko masing-masing daerah” tambahnya.
Seperti diketahui penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online, di mana soal ujian dikirim dari server Dinas Pendidikan pusat secara online melalui jaringan ke server local yang ada di sekolah-sekolah, baru dari server di sekolah didistribusikan menggunakan jaringan intranet ke device (perangkat) masing-masing user. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). [ma]

Tags: