PT Semen Indonesia Bimbing 650 CJH Manasik Haji Asal Tuban

Ka. Departemen Produksi Semen, Martanus Sanjaya saat memberikan sambutan sebelum parktik manasik haji dimulai di sekitaran Perumdin PT SG di Kabupaten Tuban.

Tuban, Bhirawa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara rutin menggelar kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji bagi calon jamaah haji Kabupaten Tuban. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya olehperusahan, tepatnya dimulai pada tahun 2005 lalu.
Kali ini, pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi. Di tahun ini, jadwal kegiatannya diawalii pada tgl. 4 April 2018, yakni acara pembukaan & dilanjutkan dengan ceramah ‘Hikmah Haji’ oleh KH. Shalahudin Fatawi dari Kabupaten Lasem, berikutnya adalah materi tentang ‘Thoharoh & Sholat Jama’ Qoshor’ yang disampaikan KH. Muhammad Alim (11/4) dari Kecamatan Montong Tuban.
Selanjtnya pembahasan mengenai ‘Haji Tamattu’ dengan pemateri KH. Muhammad Ainul Yaqin (Gus Mad) Tuban (18/4), sedangkan pada sesi terakhir yaitu mengenai ‘Serba Serbi Permasalahan Haji’ termasuk update situasi dan kondisi terkini di tanah suci yang dijelaskan oleh H. ZahidinDirektur Radar Bojonegoro (25/4).
Setelah CJH mengikuti 4 tahap di atas, yang berlangsung seminggu sekali di Gedung Graha Sandiya Komplek Perumdin SG di Tuban, di sesi terakhir diberikan praktek umroh & haji yang berlokasi di open space perumdin tersebut (29/4). Selain itu Semen Indonesia juga memfasilitasi dalam penyelenggaraan praktek massal yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Tuban, pesertanya dari seluruh calon jamaah haji di Kabupaten Tuban.
“Kali ini sudah ke-13 kalinya, Hal ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsbility (CSR)perusahaan di bidang Semen Indonesia Peduli (SI Peduli)”, kata Ka. Departemen Produksi Semen,Martanus Sanjaya dalam sambutanya.
Jumlah peserta kegiatan manasik haji tahun ini mencapai lebih kurang 650 orang dari total keseluruhan jumlah seluruh calon jamaah haji dari Kabupaten Tuban sebanyak lebih dari 1.000 orang. Yang berasal di Kecamatan Merakurak, Jenu, Tambakboyo, Kerek, Montong, Rengel, Plumpang, Palang dan Kecamatan Kota.
“Dalam keikutsertaan kegiatan bimbingan ini peserta tidak dipungut biaya apapun, bahkan perusahaan menyediakan konsumsi maupun transportasi antar jemput bagi peserta,” tambahMartanus Sanjaya.
Lebih lanjut ia berharap kepada masing-masing peserta untuk dapat menyelipkan do’a saat di tanah suci agar perusahaan tetap jaya, sehingga tetap dapat memberikan program-program unggulan bagi masyarakat sekitar serta meningkatkan kualitas pelayanannya.
Kankemenag Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM yang turut hadir dalam acara pembukaan menyampaikan apresiasi kepada Semen Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan manasik haji yang telah rutin diberikan bagi CJH di Kabupaten Tuban.
Drs. Sahid, MM mengaku sanggat bangga, karena setiap adanya pertemuan seluruh Kantor Kemenag se Jawa Tumur, mengingat penyelenggaraan di Tuban lokasinya sangat representatif.
“Tidak ada kabupaten di Jawa Timur ini yang dapat memberikan fasilitas praktek manasik haji sebaik di Kompleks Perumahan SG di Kabupaten Tuban ini,” terang Kakankemenag yang juga Alumni dari UIN Sunan Ampel Surabaya ini. (hud)

Tags: