PSHT Incar Juara Umum Piala Wali Kota Surabaya

Rektor UWK Prof H Sri Harmadji bersama Ketua IPSI Surabaya Bambang Haryo, Ketua Umum PSHT Pusat Moerdjoko dan Ketua Plt PSHT Surabaya, Maksum Rosidin saat membuka kejuaraan pencak silat PSHT di Kampus UWK. [wawan triyanto]

Surabaya, Bhirawa
Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berambisi untuk bisa merebut juara umum Piala Wali Kota Surabaya yang rencanannya digelar Bulan Mei mendatang. Agar target itu bisa terealiasasi, perguruan yang berpusat di Madiun itu menggelar Kejuaraan Pencak Silat Antar Rayon/Ranting/Komisariat PSHT se Jatim di Kampus Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya.
Menurut Menurut Ketua Plt PSHT Surabaya, Maksum Rosidin, para juara di ajang ini akan dipersiapkan untuk beberapa even mulai daerah hingga nasional.
Namun karena yang terdekat adalah Piala Wali Kota Surabaya, maka pesilat PSHT Surabaya akan difokuskan untuk menghadapi kejuaraan tahunan itu. Sedangkan juara umum tahun lalu direbut oleh perguruan Tapak Suci. “Tahun lalu kita peringkat kedua dan tahun ini saya ingin PSHT juara umum,” kata Rosidin, usai acara pembukaan, Senin (16/4).
Lebih lanjut pria yang juga seorang lawyer itu menjelaskan, kejuaraan ini juga bertujuan untuk memberikan kesempaan kepada atlet pemula untuk menambah jam pertandingan. “Sedangkan untuk atlet senior untuk mengasah mental bertanding mereka,” katanya.
Sementara itu Ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Surabaya, Bambang Haryo menyambut baik kejuaraan ini, sebab jika setiap perguruan menggelar kejuaraan intern, maka nantinya yang tampil di Kejuaraan Piala Wali Kota Surabaya adalah pesilat terbaik dari perguruan masing-masing.
“Jadi persaingan di Piala Wali Kota Surabaya akan semakin ketat dan para juaranya akan kita bina dan kita turunkan untuk mewakili Surabaya di ajang seperti Porprov yang digelar tahun depan,” kata Bambang.
Pada acara pembukan tersebut juga dihadiri oleh Ketua umum PSHT Pusat, Moerdjoko dan Rektor UWK Prof H Sri Harmadji. [wwn]

Tags: