Polres Situbondo Gelar Operasi Patuh Semeru 2018

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono SH SIK MH bersama Bupati Dadang Wigiarto saat melakukan sidak kesiapan pasukan patuh semeru dihalaman Mapolres, Kamis (26/4). [sawawi/bhirawa].

(Tekan Angka Laka Lantas)
Situbondo, Bhirawa
Guna untuk menekan tingginya angka kecelakan lalu lintas (laka lantas), Polres Situbondo menggelar Operasi Patuh Semeru 2018, Kamis (26/4). Operasi tersebut ditandai dengan upacara pasukan operasi di halaman Mapolres Situbondo dengan dipimpin Kapolres AKBP Awan Hariono dan pejabat utama Polres. Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama jajaran OPD dilingkungan Pemkab Situbondo juga ambil bagian dari kegiatan tahunan tersebut.
Menurut Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono SH, SIK, MH kegiatan operasi patuh semeru 2018 akan dimulai 26 April hingga 9 Mei mendatang. Sasaran dari kegiatan operasi patuh semeru ini, kata Kapolres Awan, untuk menurunkan angka kecelakaan dan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dengan melakukan tindakan represif, kuratif dan preventif.
“Sehingga masyarakat paham akan arti pentingnya berlalu-lintas yang baik. Dalam operasi ini kami melibatkan 200 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP serta Dinas Perhubungan,” ujar Kapolres Awan.
Kapolres menilai adanya dominasi pelanggaran yang terjadi pada operasi sebelumnya, diantaranya berupa pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan dan pelanggaran terhadap rambu-rambu lalu lintas.
Operasi Patuh Semeru 2018 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Polres Situbondo. agar program ini tepat sasaran akan dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan represif berupa penegakan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggaran lalu lintas.
“Tentunya tanpa mengesampingkan kegiatan preventif. Kami minta petugas lebih mengedepankan senyum, sapa dan salam kepada para pelanggar lalu lintas,” ungkap Kapolres Awan.
Masih kata Kapolres Awan dari operasi patuh ini diharapkan akan tercapai beberapa tujuan diantaranya terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Kedua, sambungnya, adanya penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah korban kecelakaan lalu lintas. Ketiga, urainya, untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas dengan cara menjalin kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan berlalu lintas.
“Saya berpesan kepada seluruh anggota, agar selalu berdoa sebelum menggelar operasi. Setelah itu jaga keamanan dan keselamatan dengan memegang standar operasional prosedur yang ada. Terakhi saya minta personil hindari melakukan pungli,” pungkas Kapolres Awan. [awi]

Tags: