Pemkab-PLN Pasang Tiang Listrik di Desa Terpencil

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Kadis PUPR Kab Situbondo Gatot Siswoyo dan Manager PLN Besuki saat meninjau pemasangan tiang listrik di Desa Alasbayur Kecamatan Mlandingan. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Situbondo Gatot Siswoyo mengunjungi lokasi pemasangan tiang listrik di Desa Alasbayur, Kecamatan Mlandingan, Situbondo, kemarin (19/4).
Desa Alasbayur ini selain tercatat sebagai salah satu desa terpencil yang ada di Kabupaten Situbondo juga masyarakatnya belum pernah teraliri penerangan listrik. Ikut mendampingi Bupati diantaranya Kepala PLN Area Besuki Situbondo dan Muspika setempat.
Bupati Dadang mengatakan, selama ini warga Desa Alasbayur hanya mendapat penerangan listrik dari tenaga hidro atau tenaga surya. Oleh karena itu, Bupati Dadang mengajak PLN area Situbondo untuk segera memberikan aliran listrik di Desa Alasbayur.
Bupati Dadang juga mengajak Kepala PUPR agar segera membangunan akses jalan di sepanjang jalan Desa setempat. “Saya mengajak kepala PLN ke daerah terpencil ini untuk mempersiapkan pemasangan tiang listrik. Saya juga mengajak Kepala DPUPR untuk segera membuatkan akses jalan disana,” tegas Bupati dua periode itu.
Masih menurut Bupati Dadang, pembangunan akses jalan dan aliran listrik untuk desa terpencil seperti Desa Alasbayur ini, harus sudah dikerjakan tahun 2018 ini. Penegasan ini mengacu kepada komitmen Pemkab Situbondo di mana menargetkan pemasangan tiang listrik sudah harus selesai dan bisa segera dinikmati masyarakat di tahun 2018 ini pula. “Sebab, dari catatan yang ada masih ada 4 dusun di Desa Alasbayur yang belum teraliri pasokan penerangan dari jaringan PLN,” jelas Bupati Dadang.
Pembangunan aliran listrik bagi masyarakat terpencil seperti di Desa Alasbayur ini, ungkap Bupati Dadang sangatlah penting. Maka dari itu, tambah Bupati Dadang, Pemerintah Kabupaten Situbondo dari tahun ke tahun terus meminta kepada PLN untuk membangun jaringan listrik di empat Dusun tersebut. “Alhamdulillah permintaan Pemkab Situbondo oleh PLN tahun ini disetujui. Saat ini pemasangan sejumlah tiang PLN itu sudah mulai direalisasikan,” tutur Bupati Dadang.
Bupati Dadang menandaskan, dengan masuknya aliran listrik ke Desa Alasbayur, akan membuat masyarakat desa terpencil yang notabene selama ini hidup tanpa lampu penerangan disambut dengan gembira. “Saya ucapkan terima kasih kepada PLN yang telah memasang tiang listrik di Desa Alasbayur Kecamatan Mlandingan ini,” pungkas mantan advokat itu. [awi]

Tags: