Pemilihan Umum Legislatif 2019, Kabupaten Blitar Jadi 6 Dapil

Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar, Abdul Munib, SIP saat menyerahkan tumpeng kepada Calon Anggota DPR RI dari PKB yang juga mantan Bupati Blitar, H Herry Noegroho (tengah) pada Tasyakuran Pembukaan Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Blitar di Kantor DPC PKB Kabupaten Blitar, Kamis (12/4) kemarin.[Hartono/Bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Anggota DPRD Kabupaten Blitar, jumlah Daerah Pilihan (Dapil) di Kabupaten Blitar menjadi 6 Dapil.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan sebelumnya ada 3 usulan Daerah Pilihan yang telah diserahkan ke KPU Pusat, namun untuk di Kabupaten Blitar yang disetujui yakni usulan total 6 Daerah Pilihan dengan jumlah penduduk 1.219.092 jiwa hingga jumlah kursi sebanyak 50 kursi.
“Sesuai dengan pengajuan kami ada tiga usulan Dapil dari sebelumnya hanya 5 Dapil di Kabupaten Blitar, sehingga yang disetujui akhirnya 6 Dapil untuk 50 kursi Angggota DPRD Kabupaten Blitar 2019,” kata Imron Nafifah.
Lanjut Imron, mengakui jumlah ini berbeda jauh dengan Pemilihan Legislatif sebelumnya yakni sebanyak 5 Dapil, dimana 6 Dapil diantaranya Dapil 1 meliputi Kecamatan Bakung, Kademangan, Kanigoro dan Wonotirto dengan alokasi 9 kursi.
Dapil 2 meliputi Kecamatan Nglegok, Sanankulon dan Srengat dengan alokasi 8 kursi, Dapil 3 meliputi Kecamatan Ponggok, Udanawu dan Wonodadi dengan alokasi 8 kursi, Dapil 4 meliputi Kecamatan Gandusari, Garum, Selopuro dan Talun dengan alokasi 10 kursi, Dapil 5 meliputi Kecamatan Doko, Kesamben, Selorejo dan Wlingi dengan alokasi 8 kursi.
“Dan dapil D meliputi Kecamatan Binangun, Panggungrejo, Sutojayan dan Wates dengan alokasi 7 kursi,” ujarnya.
Imron menambahkan, dengan penetapan Dapil ini tertuang dalam keputusan KPU nomor 278 tahun 2017 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Jawa Timur Dalam Pemilu 2019.
Buka Pendaftaran
Secara terpisah dengan ditetapkannya Dapil di Kabupaten Blitar dari 5 menjadi 6 Dapil, DPC PKB Kabupaten Blitar langsung menggelar Lounching Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Blitar dengan target perolehan 12 kursi.
“Dengan ditetapkannya 6 Dapil di Kabupaten Blitar, PKB Kabupaten Blitar siap menerima calon Anggota Legislatif secara terbuka dari semua golongan untuk mengabdi demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blitar dan negeri tercinta,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar, Abdul Munib, SIP.
Bahkan untuk untuk mendongkrak suara PKB dalam pelaksanaan Pileg 2019 PKB juga berhasil mengajak mantan Bupati Blitar 3 Periode, H Herry Noegroho, SE, MH sebagai calon Anggota DPR RI dari Dapil Blitar, Tulungagung dan Kediri.
“Keputusannya untuk terjun kembali dalam dunia politik, karena masih banyak masyarakat yang mendukung saya kembali berkarir didunia politik melalui PKB,” Herry Noegroho. [htn]

Tags: