Pembukaan MTQ Korpri Provinsi Jatim 2018

Gubernur Jatim Dr H Soekarwo memukul bedug menandai dibukanya MTQ Korpri Provinsi Jatim 2018 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Tak Hanya Syiar, Juga Wujudkan ASN Berfikir Cerdas dan Berakhlakul Karimah
Pemprov Jatim, Bhirawa
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri Provinsi Jawa Timur kembali digelar. Penyelenggaraan MTQ Korpri ini tidak hanya sekadar bermakna sebagai peneguh syiar Islam. Tapi lebih jauh dari itu, yakni mampu mewujudkan ASN berfikir cerdas dan berakhlakul karimah sesuai dengan tema MTQ Korpri 2018 ini yakni, ‘Dengan MTQ Korpri Kita Wujudkan Anggota KORPRI yang Berpikir Cerdas dan Berakhlakul Karimah’.
Saat membuka MTQ Korpri yang dilaksanakan mulai 17-20 April 2018 ini, Gubernur Jatim Dr H Soekarwo menuturkan, anggota Korpri harus cerdas dengan didukung akhlak kharimah. Menurutnya, dengan kecerdasan dan berakhlak kharimah ini, anggota Korpri bisa memilah yang baik dan buruk, serta dapat mengambil keputusan tepat.
Dengan demikian, diharapkan hal tersebut dapat meminimalkan kasus-kasus karena rendahnya integritas, seperti penyuapan dan pemerasan. “Cerdas saja tidak cukup, tetapi perlu akhlak yang bisa memisahkan perbuatan yang baik dan tidak. Tidak ada gunanya, memiliki pikiran yang cerdas namun tidak berakhlak,” ungkap Pakde Karwo, sapaan karib Gubernur Soekarwo.
Menurut dia, penyelenggaraan MTQ Korpri bisa menjadi barometer secara harfiah untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Quran. Sedangkan secara filosofi agar dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran itu sendiri.
“Sebagai umat Islam, kita meyakini bahwa Al Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak ada habis-habisnya untuk digali dan dikaji. Untuk itu, kajian-kajian Al Quran perlu ditingkatkan dikalangan anggota Korpri, menuju pemahaman yang utuh dan benar serta memerlukan bimbingan dari para ulama yang berkompeten dibidangnya,” ungkapnya.
Di tengah arus globalisasi dan pergeseran sistem nilai, lanjut Pakde Karwo, norma dan perilaku serta pengaruh media sosial yang berkembang di masyarakat saat ini. Maka nilai-nilai Islami dan spirit Qurani haruslah dijadikan rujukan utama. Baik di lingkungan keluarga, lingkungan sosial maupun dalam tataran kehidupan berbangsa dan bernegara,” terangnya.
Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo juga berpesan kepada para ulama, pemimpin umat, aparatur dan anggota Korpri untuk maju secara bersama meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran Islam di tengah pengabdian kepada masyarakat.
MTQ Korpri ini, katanya, merupakan sarana seleksi tingkat Provinsi Jatim yang akan diikutsertakan pada MTQ Korpri Tingkat Nasional IV tahun 2018, yang rencananya dilaksanakan di Jakarta pada November 2018 mendatang. Untuk itu, Pakde Karwo berharap para Dewan Hakim dan Majelis Hakim dalam penilaian kepada peserta dilakukan secara adil. Sehingga dapat calon kafilah yang berkualitas.
“Keputusan Dewan Hakim tidak dapat diganggu gugat, karena itulah Dewan Hakim harus cermat, jujur, benar dan obyektif dalam menentukan nilai. Saya minta kepada seluruh kafilah, panitia dan Dewan Hakim untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab agar MTQ Korpri ini dapat dilaksanakan dengan suasana kompetisi yang sehat, obyektif, jujur, transparan dan adil. Sehingga menghasilkan juara-juara yang berkualitas dan jadi duta Jatim untuk bersaing ditingkat nasional,” harapnya.
Sementara itu, Sekdaprov Jatim selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Jatim, Dr H Akhmad Sukardi MM melaporkan, MTQ Korpri Provinsi Jatim ini memperlombakan beberapa cabang. Yakni Tartil Al Quran putra dan putri, Tilawah Al Quran putra dan putri, Hifzh Al Quran 5 juz plus putra dan putri, Dakwah Al Quran putra dan putri dan Khath Al Quran golongan dekorasi putra dan putri. Lomba ini diikuti sebanyak 248 anggota Korpri terdiri dari 17 perangkat daerah Provinsi Jatim dan 31 kabupaten/kota se-Jatim.
Sebelum dibuka Gubernur Jatim, Sukardi juga melantik 27 dewan dan majelis hakim MTQ Korpri Provinsi Jatim 2018. Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jatim No 01 Tahun 2018 Tanggal 22 Maret 2018 tentang Susunan Dewan dan Majelis Hakim MTQ Korpri Provinsi Jatim Tahun 2018.
Susunan Dewan Hakim dan Majelis Hakim MTQ Korpri Prov Jatim Tahun 2018 yang dilantik diantaranya Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I selaku Ketua Dewan Pengawas Dewan Hakim, KH. Abdul Hamid Abdullah, SH, M.Si selaku Sekretaris Dewan Pengawas Dewan Hakim, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I selaku Ketua Koordinator Dewan Hakim, H. Nur Yasin Shirotol Mustaqim, MA selaku Sekretaris Koordinator Dewan Hakim. [Zainal Ibad]

Tags: