Mulai SMP Khofifah Sering Ziarah ke Ampel

Surabaya, Bhirawa
Jelang pelaksanaan debat publik pertama oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Rabu, (10/4) malam, Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah kubur ke makam Raden Rahmat atau Sunan Ampel.
Setibanya, Khoffiah bersama rombongan langsung duduk bersimpuh disamping pusara makam salah satu Wali Songo ini. Khofifah nampak Khusyuk membacakan wirid serta memimpin pembacaan doa yang diakhiri dengan tabur bunga.
Khofifah mengatakan, ziarah kubur ini dilakukan sebagai salah satu bagian mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menurutnya, ziarah ke Sunan Ampel itu merupakan kebutuhan spiritual untuk bersambung dengan para wali songo. Salah satunya adalah sunan Ampel
“Saya rasa sebaiknya kita selalu mengeringkan ikhtiar kita dengan munajat kepada Allah supaya proses yang kita lakukan berseiring dengan turunnya ridho dan barokah dari Allah,” kata Khoffiah usai ziarah di Komplek Makam Sunan Ampel.
Tidak hanya jelang debat, Ketua Umum Muslimat NU ini juga mengaku telah melakukan rutinitas ziarah kubur ke makam Wali Songo khususnya di Sunan Ampel sejak masih kelas dua SMP. Kebiasaan itu kata Khoffiah sudah menjadi tradisi dalam keluarga besarnya menjelang libur sekolah.
“Saya dari SMP, kalau Kamis sore sepulang sekolah biasanya saya langsung ke Sunan Ampel, saya bermalam disini sampai besok subuhnya karena kan sekolah saya liburnya Jumat. Jadi sebetulnya tradisi saya ziarah ke Sunan Ampel,” ungkapnya.
Bahkan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Kepala BKKBN era Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini mengaku mendapat doa khusus kepada para Wali Songo dari Gus Dur. Selain doa tersebut rutin dibaca sebalum tidur, ijazah dari Gus Dur tersebut juga dibaca ketika melakukan ziarah kubur ke makam Wali Songo seperti yang dilakukan saat ini.
“Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur antara lain ada wirid tertentu yang dibaca tawassul ke Sunan Ampel sebelum tidur kita baca Fatihah,” pungkasnya. [cty]

Tags: