Kirun : Gus Ipul Gubernur,Jatim Makmur

Madiun, Bhirawa
Seniman lokal senior Jatim, Kirun, menyatakan dukungannya terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Menurut seniman yang memiliki nama asli Muhammad Syakirun ini, Gus Ipul telah dianggap sebagai sahabat oleh para seniman Jatim.
Laiknya seorang sahabat, ia optimistis Gus Ipul dapat membawa kemakmuran untuk rakyat Jawa Timur. Hal ini ia ungkapkan pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 32 Padepokan Seni Kirun (PadSKi), Madiun, Jawa Timur, Kamis (5/4) pagi.
Pada acara ini sejumlah seniman senior hadir di antaranya, Marwoto, Ki Manteb Sudarsono (Dalang), Cak Yudho, Sasmitho, Cak Hunter, dan beberapa seniman ludruk lainnya. Juga ada beberapa seniwati berskala nasional, mulai dari Yati Pesek hingga Soimah.
Di awal penjelasannya, Kirun bercerita bahwa ia merupakan pengagum sosok Presiden keempat RI, KH Abdurrrahman Wahid (Gusdur). Kirun mengatakan bahwa ia juga terinspirasi berbagai gagasan mantan Ketua PBNU ini, termasuk soal persahabatan. “Aku pernah ngaji di Gus Dur. Gus Dur mengajarkan tentang pentingnya persahabatan yang lahir dan batin,” ujar Kirun menggunakan dialek Bahasa Jawa.
Mengutip penjelasan Gus Dur, Kirun mengatakan sebagai seorang teman wajar ikut membantu ketika temannya susah. Minimal, bisa meringankan beban masalah sang sahabat. “Nek koncone butuh, yo dikei. Nek butuh pitulungan, yo ditulungi. (Kalau temannya membutuhkan, ya diberi. Kalau membutuhkan pertolongan, ya ditolong),” ulasnya di acara yang juga dihadiri oleh Gus Ipul dan Mbak Puti tersebut.
Menurutnya, definisi teman bisa disematkan kepada semua orang. Sekalipun, dengan orang yang baru dikenalnya. “Orang kalau sudah ngobrol seperempat jam, setengah jam itu sudah menjadi teman. Apalagi dengan teman yang sudah dikenal lama,” lanjutnya.
Termasuk, dengan ratusan seniman yang hadir pada acara ulang tahun tersebut. Juga, Gus Ipul yang telah dianggap sebagai sahabat oleh Kirun. “Nah di sini, temannya yang datang banyak. Bahkan, ada temannya orang sak Jawa Timur, Gus Ipul. Beliau menyempatkan hadir,” jelasnya.
Sehingga laiknya seorang sahabat, ia merasa terpanggil untuk membantu Gus Ipul yang mencalonkan diri sebagai kandidat gubernur. Menurut Kirun, Gus ipul harus didukung. “Yen koncone duwe niat, ayo podo didukung, terus didongakne ben koncone kuwi sukses (Kalau ada temannya punya niat, berarti kita harus ikut mendoakan, mendukung supaya temannya sukses),” ujarnya. “Dadi iki kabeh wis konco. Wis dadi dulur. Bolo plek. Dulur lahir batin. (Sehingga, mereka ini sudah teman, sahabat, bala plek. Sahabat lahir batin).” kata Kirun.
“Sopo sing ngraketake paseduluran, mesti tambah rejekine, tambah umure. (Siapa yang tidak memutus persaudaraan, tambah rezekinya, tambah usianya),” urai pria 58 tahun ini.
Di akhir penjelasannya, ia pun optimistis bahwa berteman dengan Gus Ipul yang juga telah menjabat Wakil Gubernur dua periode akan membawa banyak manfaat. “Mangka yen seduluran karo Gus Ipul, Insya Allah, tentrem uripe, Jawa Timur makmur apa-apane. (Kalau mau bersahabat dengan Gus Ipul, tentram hidupnya, makmur semuanya),” puji seniman yang telah banyak mengorbitkan banyak seniman tersohor ini. [iib.dar]

Tags: