Kadiknas Lumajang Jamin Tak Ada Kebocoran Soal Ujian

Kepala Diknas Kabupaten Lumajang Siswinarko ketika bertindak sebagai inspektur upacara rutin pagi di halaman Pemkab Lumajang.

Lumajang, Bhirawa
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Siswinarko memastikan dalam pelaksanaan UNBK serta ujian Nasional lainnya mulai dari SD,SMP, SMA SMK tidak akan terjadi kebocoran soal termasuk kunci jawaban. Jaminan ini disampaikan saat Siswinarko bertindak sebagai inspektur upacara rutin pagi di halaman Pemkab Lumajang (9/4) kemarin.
“Kalau sudah ada UNBK ujian tidak lagi memakai kertas, karena sudah ada komputer dan tidak ada lagi soal bocor,” ujarnya. Isu kebocoran soal yang sempat mengundang bermacam reaksi tersebut , menurut Siswinarko harus segera diluruskan mengingat Lembaga dibawah naunganya yaitu SD dan SMP juga melaksanakan ujian sekolah.
“Untuk SD pada tangga 26 – 28 April, dan Ujian USBN dilaksakan mulai tanggal 3 – 5 Mei, sedangkan SMP Ujian USBN dilaksanakan mulai tanggal 9 – 19 April, dan UNBK di laksanakan pada tanggal 23 – 26 April,” terangnya.
Pada kesempatan itu Siswinarko juga menjelaskan kondisi kesiapan ujian untuk SD dan SMP di Kabupaten Lumajang, dimana disebut masih ada SMP yang melakukan UNKP, karena standart Nasional di SMP untuk UNBK masih belum bisa dilaksanakan 100%, akan tetapi pelaksanaan UNBK itu direncanakan akan dilakukan secara bertahap.
“Di Kabupaten Lumajang sudah melaksanakan sebanyak 76%, ke depan ditargetkan menuju 100 %, masih ada beberapa lembaga sekolah dimana komputernya masih belum lengkap,” pungkasnya. [dwi]

Tags: