Jelang Lebaran, Dispora Justru Naikkan Tiket Masuk Ubalan Pacet

Kondisi lokasi Wisata Waterpark Ubalan Pacet, Kab Mojokerto. [kariyadi]

Kab Mojokerto, Bhirawa
Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto mengambil kebijakan yang kurang populis untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Menjelang Lebaran yang biasanya membludaknya jumlah pengunjung, justru Dispora menaikkan dan memberlakukan tarif baru Ubalan Waterpark Pacet menjadi Rp30 ribu per orang.
“Ya kenaikan tarif baru akan diberlakukan menjelang Lebaran ini, sekarang disiapkan payung hukumnya,” ujar Djoko Widjayanto, Kepala Disparpora Kab Mojokerto, Selasa (17/4).
Djoko menambahkan, saat ini pihaknya melakukan pengkajian Pembuatan Peraturan Bupati (Perbub). Setelah Perbup keluar, akan dilanjutkan dengan tahapan sosialisasi lewat berbagai lini. Mulai dari jakur birokrasi hingga sosialisasi lewat jalur masyarakat secara umum. ”Baru kemudian masuk tahap pemberlakuan. Tentunya setelah semua pihak paham soal tarif baru itu,” tambah mantan camat ini.
Menurut Djoko, soal besaran tarif Rp30 ribu sudah final dan dinilai sepadan dengan investasi yang dikeluarkan Pemkab sebesar Rp18,7 miliar. ”Angkanya sudah final Rp30 ribu, ini cukup sepadan dengan banyaknya fasilitas yang ada di Ubalan Waterpark,” tegasnya.
Disparpora mentarget, sebelum Lebaran 2018 mendatang tahapan sosialisasi Perbub sudah selesai dan bisa diterapkan untuk menjaring wisatawan pada Lebaran nanti. ”Dan targetnya sebelum Lebaran sudah diterapkan tarif baru,” ujar pejabat alumnus STPDN ini.
Sebelum dinaikkan, tarif Ubalan Waterpark saat ini masih mengacu Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang jasa restribusi usaha yang sudah enam tahun tidak pernah direvisi. Dalam Perda ini pengunjung wisata Ubalan dikenakan dua kali tarif masuk area wisata dan kolam renang yang totalnya Rp14 ribu. [kar]

Tags: