Disdag Bojonegoro Sidak Ketersediaan Elpiji 3 Kilogram

Hadapi Puasa, Disdag Bojonegoro Sidak Ketersediaan Elpiji 3 Kilogram.

Bojonegoro, Bhirawa
Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Bojonegoro, akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan stok elpiji ukuran 3 kilogram di sejumlah pangkalan elpiji, guna memastikan ada tidaknya kelangkaan saat menghadapi jelang puasa.
Sidak yang dilakukan oleh Tim Dinas Perdagangan Bojonegoro bersama agen elpiji 3 kg, dimulai dengan mendatangi pangkalan elpiji di Jalan Sawunggaling Kota Bojonegoro, dan dilanjutkan ke beberapa pangkalan lainnya.
Menurut Plt. Kepada Dinas Perdagangan, Agus Hariyana.mengatakan, hasil sidak dibeberapa pangkalan elpiji 3 kg ketersedian masih aman.
Sementara untuk harga jual elpiji 3 kg, kata dia, untuk konsumen rumah tangga sebesar Rp16.000 per tabungnya. Sementara itu, harga dari agen untuk penjual pangkalan dijual seharga Rp 14.500 per tabung.
“Sebelumnya memang ditemukan pangkalan yang menjual di atas harga jual eceran tertinggi (HET) karena dijual dengan harga Rp17.000 per tabung,” kata Agus, kemarin (10/4).
Selain menanyakan ketersediaan pasokan elpiji 3 kg, tim Dinas Perdagangan tersebut juga menanyakan “logbook” atau buku catatan yang berisi pelanggan yang selama ini membeli elpiji 3 kg melalui pangkalan milik Yusmiah tersebut.
Ia mengakui, beberapa “logbook” pangkalan memang ada yang dilakukan pengecekan hingga ke pelanggannya dan hasilnya memang sesuai, sehingga belum ada pelanggaran.
“Hampir semua pangkalan telah mematuhi aturan dalam menjual elpiji 3 kg tersebut, meskipun ada sebagian kecil yang melanggar,” pungkasnya.
Suhadak, pemilik agen elpiji 3 kg mengakui, pasokan elpiji untuk pangkalan memang masih normal, meskipun saat ini cenderung ada kenaikan permintaan menjelang puasa dan hari raya idul fitri.
“Sejauh ini, ketersediaan pasokan elpiji 3 kg untuk setiap pangkalan memang masih aman,” ujarnya. [bas]

Tags: