Gresik Masuk Nominasi Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan

Gresik, Bhirawa
Kabupaten Gresik optimis bakal menjadi yang terbaik dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat nasional. Tim penilai lomba, meninjau Desa Doudo yang berada di wilayah Kecamatan Panceng, Gresik guna melakukan penilaian langsung di lapangan.
Para tim disambut hangat oleh Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim serta Wakil Ketua TP-PKK Gresik Hj. Zumrotus Sholihah Qosim.
Menurut Ketua Tim penilai Rachmanati Amanullah, kedatangannya bersama timnya adalah untuk melakukan tinjau lapang sekaligus penilaian lomba KB-Kesehatan. Ini lantaran Desa Doudo terpilih menjadi salah satu nominator Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat nasional.
“Kami turun untuk melihat langsung, apakah data yang dilaporkan ke pusat, sama dengan kenyataan di lapangan. Serta berbagai inovasi di Desa Doudo ini,” kata dia.
Dirinya melanjutkan, ada tiga indikator yang kami nilai yakni pelayanan kesehatan, KB dan peran serta PKK setempat.
Pada saat menilai,s eluruh anggota tim menyebar dan memberikan penilaian sesuai dengan kompetensinya. Ada yang menilai pelayanan posyandu, konseling KB dan administrasi implementasi program PKK.
“Saya lihat di desa ini nilai plusnya cukup banyak. Dukungan Pemerintah Daerah juga saya lihat cukup bagus disini. Desa Doudo layak untuk dijadikan percontohan bagi daerah lain,” ujarnya.
Bupati Sambari Halim Radianto menyampaikan, Desa Doudo terpilih sebagai nominator bersama 6 daerah lain tingkat nasional. Hal ini karena dinilai memenuhi kriteria penilaian yang dilakukan tingkat Provinsi Jawa Timur beberapa waktu yang lalu.
“Kami bersyukur, atas sinergitas antar unsur pendukung yang sangat kuat, pelayanan kesehatan, KB dan PKK-nya saling support sehingga berhasil mengantarkan Desa Doudo khususnya Kabupaten Gresik untuk menjadi percontohan bagi daerah lain. Tidak hanya di tingkat Provinsi, tetapi sampai ke tingkat Nasional,” kata Bupati Sambari.
Bupati optmis, bahwa penilaian yang dilakukan oleh tm juri akan dilakukan secara professional dan obyektif. Sehingga apabila Kabupaten Gresik nantinya menjadi yang terbaik, semua berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak tanpa terkecuali.
Pernyataan itu diamine oleh Wakil Bupati Moh. Qosim saat mendampingi Bupati. Wabup mengatakan bahwa kepedulian Bupati terhadap lingkungan dinilai sangat besar.
Tak hanya itu, program prioritas Bupati Sambari, menurut Wabup adalah meningkatkan taraf kesehatan warga masyarakat di Gresik.
Oleh sebab itu, penekanan terhadap kebersihan lingkungan selalu dilakukan oleh Bupati Sambari sehingga mampu mengantarkan Kabupaten Gresik dapat terpilih sebagai Kabupaten dengan kategori lingkungan bersih di tingkat nasional.
“Kami harap kesadaran akan kebersihan tidak hanya dilakukan saat ini saja, namun harus dilakukan dengan kesadaran diri sendiri bahwa menjaga kebesihan lingkungan memang kewajiban kita bersama. Disamping itu, kami titipkan Desa Doudo untuk dibimbing dan dapat dibina agar menjadi panutan bagi desa lain di Kabupaten Gresik,” kata Wabup Qosim. [kim]

Tags: