Eksistensi Komunitas Pecinta Mobil Corolla DX di Situbondo

Pivin Mahmud Pahlevi dan koleganya saat menghadiri acara unniversary ke 11 tahun bersama komunitas pecinta mobil Corolla DX se Jawa-Bali, belum lama ini.

Rutin Gelar Kopi Darat Sepekan Sekali Demi Merajut Kebersamaan
Kabupaten Situbondo, Bhirawa
Banjirnya berbagai merk mobil baru di zaman now, tak membuat kalangan pecinta mobil antik seperti Corolla DX di Kabupaten Situbondo kendor dalam mengikat tali persaudaraan dan pertemanan. Justru sebaliknya, mereka semakin kuat dalam memupuk hubungan tali silaturahmi setiap sepekan sekali antar sesama pecinta mobil antik Corolla DX.
Para pecinta mobil legendaris ini tak hanya melakukan kopdar (kopi darat) di Situbondo saja, mereka bahkan kerap kali melakukan kopdar sesama pecinta mobil Corolla DX se-wilayah tapal kuda di Jatim. Mulai Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan, dilakukan secara bergiliran.
Contohnya seperti pada Rabu (18/4) malam, satu persatu anggota community Corolla DX se-Situbondo mulai berangkat menuju alun-alun Kota Situbondo, di Jalan RA Kartini Nomor 01. Ya, di tempat itulah puluhan pecinta mobil kuno Corolla DX di Kota Santri ini bisa berkumpul setiap pekannya.
Dengan penuh keakraban, mereka tampak bersendah gurau, saling tukang informasi dan bahkan saling bercerita tentang kabar keluarga masing masing. “Ya ini selain sebagai sarana hobi kepada mobil tua dan antik juga sebagai wadah menjalin tali silaturrahmi,” ujar Pivin Mahmud Pahlevi, koordinator pecinta mobil Corolla DX se-Situbondo.
Pria yang juga sebagai abdi negara di Bidang Integritas Bangsa (IB) Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Bakesbangpol) Kabupaten Stubondo itu mengatakan, komunitas mobil tua Corolla DX di Tanah Air berdiri sekitar tahun 1980. Khusus untuk pecinta mobil Corolla DX di Kabupaten Situbondo baru eksis sekitar 2010 dengan 18 anggota.
“Ini kami lakukan karena mengacu kepada kesadaran diri masing masing anggota. Tidak ada paksaan dan kami tetap membuka peluang kepada pecinta mobil Corolla DX yang baru untuk segera bergabung,” ajak Pivin.
Pivin menuturkan, tak cukup menjalin hubungan silaturahim dengan pecinta Corolla DX tingkat lokal Situbondo semata. Dimomen lain terkadang para pecinta Corolla DX ini melakukan kopi darat dengan Corolla DX Clasik di Kabupaten Jember. Langkah ini dilakukan Pivin bersama koleganya agar bisa menemukan suasana baru di daerah tapal kuda.
“Kalau kopdar di Situbondo bisanya kami adakan rutin di depan pendopo setiap Rabu malam Kamis mulai jam 21-24.00 wib. Kadang kalau pas ada event yang baru, kami (Corolla DX) bertemu di Kabupaten Jember Comunity setiap Jumat malam,” jelasnya.
Mantan Kasubag Humas dan Protokol Pemkab Situbondo itu menambahkan, sesekali ia bersama pecinta Corolla DX se-Situbondo melakukan kunjungan pada event Retro Jatim seperti di Kabupaten Bojonegoro dan Batu Malang. Tentuanya, kata Pivin, tidak semua anggota ikut terlibat namun hanya mengirim sejumlah perwakilan pecinta Corolla DX asal Situbondo.
“Kalau ada event yang lebih bergengsi, kami pasti mengirim satu kotak dari keberadaan Corolla DX Situbondo. Ini sebagai bukti peneguhan diri dari para pecinta mobil Corolla DX sekaligus merajut tali silaturrahmi bersama seluruh keluarga,” terangnya.
Ada banyak sisi positif dari keikutsertaan dalam komunitas komunitas Corolla DX ini. Selain memiliki banyak relasi teman juga bisa saling berkonsultasi soal perkembangan dan stock spart part mobil. Dalam komunitas Corolla DX dimata Pivin, sudah sangat mendarah daging hubungan persaudaraan antar sesama anggota.
“Kami selalu berusaha saling isi mengisi antar anggota. Biasanya dengan cara saling ketuk tular penguasaan mobil Corolla DX sehingga saat ada event berjalan lancar,” ungkap pria yang berdomisili di Perumahan Griya Panji Mulya Situbondo itu.
Rois, teman Pivin di komunitas pecinta Corolla DX Situbondo punya cerita lain sejak bergabung dalam keluarga besar mobil antik tersebut. Selain dapat menjunjung hubungan tali silaturrahmi, dalam komunitas itu juga muncul rasa sosial yang tinggi bersama keluarganya.
Misalnya saja, urai Rois, ada kegiatan sosial kemanusiaan seperti donor darah, ia bersama pecinta mobil Corolla DX yang lain pasti akan selalu memberikan dukungan. “Ya memang yang paling utama kami bisa bersilaturrahmi. Tapi disisi lain juga ada bentuk kerjasama sosial,” aku Rois.
Kukuh, anggota pecinta mobil Corolla DX Situbondo lainnya mengaku sangat terkesan sejak bergabung dalam komunitas mobil lama tersebut. Selain dapat menambah teman, ungkap Kukuh, dalam komunitas itu bisa membentuk karakter militan demi sebuah kekeluargaan yang hakiki. Mulai dari hal kecil hingga besar, terangnya, bisa dilakukan bersama dengan pecinta komunitas Corolla DX lainnya.
“Kami disini bisa saling menyumbang bantuan sesuai dengan kemampuan anggota. Bantuan itu bebas dan tidak terbatas. Namun kalau iuran wajib kami belum ada. Yang penting bisa kopdar diluar, kami biasanya makan bersama atau sekadar ngopi,” ungkapnya. [sawawi]

Tags: