Dispora Beri Ruang Kreativitas Pemuda untuk Mengasah Bakat

Nurul Anshori

Surabaya, Bhirawa
Penentuan profesi harus dimulai pada usia muda, karena mereka bisa menekuni minat dan bakatnya untuk menentukan profesi menggapai masa depan.
Itulah mengapa Dispora Jatim kini tengah mengembangkan Grand Design Youth Spaceprogramme yang berfungsi untuk memberikan ruang bagi para pemuda untuk mengasah kemampuannya baik di bidang olahraga maupun kewirausahaan.
Saat ini Dispora sudah memiliki fasilitas olahraga yang ada di kawasan Kertajaya seperti lapangan panahan, panjat tebing, kolam renang, gedung basket, tenis meja, karate, judo, tenis meja, bulu tangkis dan gedung Pramuka.
Rencananya fasilitas itu tidak hanya digunakan untuk latihan para atlet Jatim, melainkan juga untuk kegiatan pemuda yang memiliki kemampuan di bidang non olahraga, seperti kewirausahaan, organisasi dan lainnya.
Saat ini Dispora juga sudah merancang desain agar kegiatan olahraga maupun kepemudaan bisa berjalan seiring di fasilitas tersebut. “Kita akan lihat dan tata tempatnya, agar kegiatan kepemudaan tidak mengganggu latihan olahraga,” kata Supratomo, Rabu (10/4).
Ia juga mengatakan program ini dapat menyinergikan antara kepemudaan dan keolahragaan dengan sarana prasarana aset yang dimiliki Pemprov Jatim.
“Dispora melakukan identifikasi masalah dengan tim dan mengadakan kegiatan fokus group discussion (FGD) sarpras pemuda pada 2017, sehingga terciptalah program Youth Space melalui Sapta Kriyaloka Pemuda,” paparnya.
Sementara itu Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Kemitraan Dispora Jatim, Nurul Anshori menjelaskan kegiatan tersebut memanfaatkan penggunaan Youth Space seperti Leadership Forum, Community Gathering, Coaching Clinic, Creative Expo, Business Incubator, Start-Up Session, dan Co-Working Space.
Ia juga menjelaskan, gagasan membangun sebuah area terpadu untuk memfasilitasi kegiatan kepemudaan dan keolahragaan dengan menyusun Grand Design Sinergitas Pengembangan Pemuda melalui Youth Space Programme.
“Grand design ini merupakan skema terpadu dari Sapta Kriyaloka Pemuda dengan lebih fokus kepada 7 kegiatan pemuda berupa Leadership Forum, Community Gathering, Coaching Clinic, Creative Expo, Business Incubator, Start-Up Session, dan Co-Working Space,” jelas Anshori. [wwn]

Tags: