Dharma Wanita Bakorwil Bojonegoro Gelar Fashion Show Kebaya Kartini

Salah satu peserta menunjukan kebolehan dihadapan dewan juri dalam rangka lomba fashion show kebaya kartini. [achmad basir]

Bojonegoro, Bhirawa
Setiap tanggal 21 April seluruh wanita Indonesia memperingati Hari Kartini. Sebagai sosok yang memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia, Kartini menjadi inspirasi wanita Indonesia untuk selalu berkarya. Untuk memeriahkan momentum ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bakorwil Bojonegoro menggelar lomba Fashion Show Kebaya Kartini di Gedung Meliwis putih setempat.
Tampak puluhan ibu-ibu dharma wanita dari Bakorwil Bojonegoro tampil cantik dan anggun dengan berjalan lenggak-lenggok memakai baju adat jawa, pada acara fashion show kebaya diikuti 22 peserta.
Ketua panitia Rispati Widoretno istri Kepala bakorwil Bojongeoro mengungkapkan, acara fashion show ini merupakan rangkaian peringatan hari kartini, dimana kegiatan ini untuk mengenang perjuangan kartini dalam memompa semangat agar wanita tetap harus berkarya jangan hanya berpangku tangan.
“Kartini masa kini, teruslah melangkah serta menciptakan inovasi sebagai wujud penerus perjuangan ibu kartini,” papar Respati selaku ketua DWP Bakorwil Bojonegoro, kemarin (20/4)..
Menurut Rispati Widoretno, sebagai perempuan juga harus mampu menyesuaikannya dengan kondisi masing-masing untuk tidak kehilangan semangat berjuang di tengah keluarga. Termasuk memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya agar terbebas dari kebodohan.
“Semangat Kartini bukanlah sekedar seremoni tahunan melainkan harus bisa menjadi semangat untuk mandiri dan maju.Hal ini perlu diwujudkan kaum perempuan setiap harinya,” papar Respati.
Kata Rispati, untuk kategori lomba fashion show kebaya Katini ada tiga kriteria yang dinilai saat fashion show, yakni kerapian busana, aksesoris serta gaya berjalan saat tampil di hadapan juri.
“Senang dan terharu ikut meriahkan hari kartini, saya sudah persiapkan semuanya sejak pagi,” turur Utami salah satu peserta.
Lebih lanjut, Respati mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan keakraban ibu-ibu dharma wanita bisa meneruskan perjuangan kartini dalam membangun kaun wanita.
“Sekarang kita patut bersykur karena banyak wanita telah menunjukan kualitasnya dengan berkiprah/berkarir di berbagai bidang,” tuturnya. [bas]

Tags: