Bupati Gresik Pimpin Deklarasi Damai Pilgub 2018

Gresik, Bhirawa
Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim dan Forkopimda Kabupaten Gresik menyatakan siap mengawal keberlangsungan Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jawa Timur yang akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.
Kesiapan tersebut ditunjukkan dengan aksi Deklarasi Damai Pilgub Jatim yang secara langsung dipimpin oleh Bupati Sambari di ruang Mandala Bhakti Praja kantor Bupati Gresik
Poin penting dalam deklarasi tersebut adalah pernyataan Forkopimda dalam upaya mendukung pelaksanaan tahapan pemilukada secara demokratis sesuai dengan aturan hukum. Selain itu Forkopimda juga sepakat akan menolak segala bentuk kampanye hitam dan berita hoax yang provokatif yang bisa melanggar hukum dan norma agama.
Dalam deklarasi tersebut dihadiri oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkab Gresik, KPU Kabupaten Gresik, Panwas Kabupaten Gresik, Perwakilan Parpol, Ormas, MUI, dan masyarakat umum ikut menyaksikan.
Kabag Humas dan Protokol pemkab Gresik mengungkapkan bahwa pelaksanaan deklarasi ini adalah dimaksudkan untuk menciptakan kamtibmas pada Pilgub Jatim khususnya di wilayah Kabupaten Gresik.
Sebelumnya, seluruh peserta mendengarkan arahan dari Bupati Gresik yang menginginkan pelaksanaan Pilgub di Gresik berlangsung aman dan kondusif.
Bupati juga mengharapkan kerjasama semua pihak, mulai dari jajaran TNI-Polri dari mulai tingkat teratas hingga di tingkat desa untuk sama-sama menjaga kemananan di lingkungannya masing-masing.
“Apapun warna partainya, apapun pilihannya, perbedaan dan keberagaman sudah pasti ada di sekitar kita. Ayo sama-sama kita ciptakan suasana damai dan kondusifitas di Gresik seperti yang selama ini kita rasakan. Jangan sampai timbul konflik hanya karena berbeda pilihan,” kata Bupati Sambari.
Selanjutnya, Bupati juga menegaskan kepada seluruh ASN untuk tidak terlibat dalam pemilukada yang akan dilaksanakan di Gresik. “Netralitas bagi para ASN adalah harga mati. Oleh sebab itu, ASN harus memberikan contoh bahwa tidak akan memihak pada salah satu pasangan calon,” tegas Bupati. [eri.kim]

Tags: