60 Kasi Kejaksaan RI Belajar Program Simpel Puter di Situbondo

Bupati Situbondo bersama Kajari Nur Slamet SH dan perwakilan Pusdiklat Kejagung RI Ranu Subroto saat meninjau stand OPD yang menerapkan layanan Simpel Puter di kawasan Pasir Putih, Rabu (25/4). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Sedikitnya 60 Kepala Seksi Kejaksaan RI se-Indonesia yang sedang mengikuti pendidikan dan latihan kepemimpinan (diklatpim) IV angkatan 1 dan 2 mengunjungi Kabupaten Situbondo, Rabu (25/4).
Mereka datang dalam rangka untuk belajar program inovasi pelayanan Simpel Puter (sistem pelayanan pusat terpadu) yang diterapkan Pemkab Situbondo. Rombongan Kejaksaan RI dipimpin Ranu Subroto dan Kajari Situbondo Nur Slamet SH berikut pejabat utama Kejaksaan Situbondo.
Kedatangan 60 Kasi Kejaksaan datang di pantai wisata Bahari Pasir Putih langsung disambut Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Sekda Syaifullah, para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo. Mereka selanjutnya mendengarkan paparan pelaksanaan program inovasi layanan Simpel Puter dari Bupati Situbondo Dadang Wigiarto.
“Saya sangat berterimakasih kepada peserta diklatpim yang telah berkunjung ke Situbondo. Momen ini sangat baik karena bertepatan dengan pelaksanaan visit Situbondo years 2019,” tandas Bupati Dadang.
Selain itu, Bupati Dadang juga banyak menyampaikan soal pelaksanaan salawat nariyah, pengentasan ekonomi dan kemiskinan, pembuatan Desa Wisata serta gagasan pembuatan ruang intelensia di Pemkab Situbondo.
Tak hanya itu, bupati dua periode itu juga mengupas soal kepemimpinan Kepala Kejari Nur Slamet SH yang banyak memiliki gagasan kerjasama dengan Pemkab Situbondo, salah satunya Simpel Puter.
“Era Kajari sekarang ada perkembangan reformasi birokrasi yang luar biasa. Satu diantaranya jalinan kerjasama antara Kejari dengan Pemkab soal inovasi layanan simpel puter ini,” tegas Bupati Dadang.
Ranu Subroto SH Mhum, perwakilan Pusdiklat Kejagung RI mengatakan, ia sangat tertarik dengan program pembacaan salawat nariyah bagi semua ASN di lingkungan Pemkab Situbondo.
Di mata Ranu, dengan membaca salawat nariyah, akan mendinginkan hati setiap umat muslim di tanah air. “Cuaca boleh panas, tetapi dengan rajin membaca salawat nariyah, hati kita ini sangat terasa dingin,” aku Ranu Subroto.
Kedatangan 60 Kasi peserta dilatpim IV Kejagung RI ke Situbondo ini, aku Ranu, untuk mendalami inovasi layanan Simpel Puter yang sudah diterapkan sejumlah OPD di Pemkab Situbondo.
Program ini, urai Ranu, merupakan satu diantara 28 inovasi layanan yang di terapkan Pemkab Situbondo di era kepemimpinan Bupati Dadang Wigiarto. “Nanti para peserta diklatpim IV ini akan diwajibkan membuat laporan seperti gagasan inovasi Simpel Puter tersebut. Ini sebagai salah satu pelaksanaan orientasi lapangan, setelah sebelumnya mendatangi Pemkab Banyuwangi,” papar Ranu Subroto.
Pengataman Bhirawa, dari beberapa OPD yang menyiapkan stand Simpel Puter diantaranya, PDAM; LBHNU, PLN, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, DPMPTSP, Kantor Kemenag, Dinas Permukiman dan Kawasan Perumahan (DPKP) dan sejumlah OPD lainnya. Bupati bersama Sekda selanjutnya mengajak rombongan peserta diklatpim IV Kejagung RI menikmati pemandangan indah di pantai wisata bahari Pasir Putih yang sudah terkenal di Tanah Air hingga dunia. [awi]

Tags: