126 Pendaftar Polri Asal Situbondo Lulus Pemeriksaan Administrasi

Situbondo, Bhirawa
Panitia pendaftaran anggota Polri melalui Mapolres Situbondo selesai baru baru ini. Dengan tuntasnya seleksi penerimaan anggota polisi tersebut, Polres Situbondo menggelar sidang kelulusan hasil pemeriksaan administrasi (rikmin) awal penerimaan anggota Polri tahun 2018. Dalam pendaftaran tahun 2018 ini dibuka jalur Taruna Akpol, Brigadir dan Tamtama Polri yang dilaksanakan di Gedung Bhayangkara Januraga, Jalan PB Sudirman, Situbondo.
Pembukaan sidang penentuan kelulusan rikmin awal dipimpin oleh Waka Polres Situbondo Kompol Iswahab, SH bersama Kabag Sumda Kompol Kasman serta didampingi tim pemeriksa berkas administrasi. Sejumlah instansi terkait ikut serta dengan jajaran Polres Situbondo seperti Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil, Dinas Pendidikan, Pengawas Internal dan Eksternal. “Para orang tua dan peserta penerimaan Polri Tahun 2018 juga ikut hadir,” aku Wakapolres Iswahab.
Kata Iswahab, dari putusan sidang kelulusan diumumkan sedikitnya 126 pendaftar yang memenuhi persyaratan administrasi awal. Diantaranya, sebut Iswahab, Taruna Akpol 17 peserta, Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) 111 peserta, Bintara Teknologi Informasi 1 peserta, Bintara Penerbangan 2 peserta, Bintara Pelayanan 3 peserta dan Tamtama Polri 9 peserta. “Semua totalnya sebanyak 126 peserta,” tegas Iswahab.
Iswahab menyampaikan pesan kepada orang tua dan peserta bahwa pelaksanaan penerimaan Polri dilakukan secara transparan, akuntabel dan gratis alias tidak dipungut biaya. Dengan demikian diharapkan, ungkap Iswahab, semua pihak tidak mudah percaya dengan adanya orang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan kelulusan dengan cara yang tidak benar. “Kami berharap semua pihak tidak mempercayai pihak atau oknum yang menawarkan kelulusan putera/puterinya sebagai personil polisi dengan imbalan uang. Apabila menemukan kejadian seperti itu, kami minta untuk melapor ke Propam Polres Situbondo,” tegas Kompol Iswahab.
Masih kata Iswahab, pengumuman kelulusan pemeriksaan administrasi awal ditutup dengan penanda tanganan pakta integritas oleh orang tua/wali pendaftar dan peserta pendaftar yang disaksikan oleh seluruh undangan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sidang penentuan kelulusan awal dan penandatanganan keputusan ketua Panbanrim. “Ini mengatur tentang hasil pemeriksaan administrasi awal,” pungkas Iswahab. [awi]

Tags: