12 Jabatan Kosong Bakal Diisi Pejabat Definitif

Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Kamis siang (12/04). [Arif Yulianto]

Jombang, Bhirawa
12 jabatan setingkat Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan jabatan lainnya di jajaran Pemkab Jombang bakal diisi pejabat definitif. Hal itu di katakan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit SH MM saat di wawancarai sejumlah wartawan, Kamis siang (12/4).
“Sekarang yang kosong kan 12 (jabatan). Dan itu sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Secepatnya nanti kita akan laksanakan assesment test di provinsi. Pengisian ini nanti (sifatnya) definitif. Sudah di setujui oleh Mendagri,” kata Pjs Bupati Jombang.
Untuk menghadapi pengisian jabatan tersebut, tanggal 16 April 2018 nanti, ia menugaskan kepada Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. Setelahnya, akan ada pengumuman selama 15 hari. “Setelah 15 hari, langsung di lakukan test dan di rumuskan nanti, hasil test di tentukan minimal ada tiga orang, yang memenuhi atau yang layak, dan kita ambil yang paling baik,” tambah Setiajit.
Informasi yang berhasil di himpun wartawan, 12 jabatan kosong tersebut adalah jabatan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD), serta Asisten III Setdakab Jombang.
Selain 12 jabatan kosong tersebut, sejumlah jabatan di jajaran Pemkab Jombang juga masih mengalami kekosongan. Seperti Staff Ahli Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kemasyarakatan Setdakab Jombang. Masing-masing kepala dinas dan badan saat ini masih di jabat oleh Pelaksana Tugas (Plt), kecuali Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Jombang yang masih di biarkan kosong. Jumlah tersebut belum termasuk jabatan Sekretaris Dinas (Sekdin) dan Kepala Bagian (Kabag) di Kantor Setdakab Jombang yang sekarang di juga di jabat oleh Plt. Kabag Pemerintahan Setdakab Jombang saat ini juga di kabarkan mengalami kekosongan dan di isi oleh seorang Plt.
Setiajit pun menandaskan, pengisian jabatan itu nantinya di jamin ‘tanpa mahar’. Ia menjelaskan, pejabat yang akan menduduki jabatan definitif itu adalah orang-orang yang mempunyai bakat, minat, dan kompetensi yang tinggi. “Tidak ada hubungannya dengan yang ini dan itu. Pokoknya kita cari yang profesional, yang mau kerja, punya bakat, minat, kompetensi yang tinggi sesuai jabatan yang di perlukan,” pungkas Setiajit. [rif]

Tags: