XL Axiata-Kementerian Perhubungan Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini (kiri) dan Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi (kanan) menandatangani nota kesepemahaman kerjasama kemitraan antara XL Axiata dengan Kementerian Perhubungan disaksikan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (kiri belakang).

Surabaya, Bhirawa
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) jalin kerjasama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk memanfaatkan saluran digital untuk melaksanakan program-program kerja diantaranya program sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara.
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini saat dikonfirmasi Bhirawa, Rabu (14/3) kemarin merasakan kehormatan bagi pihaknya bisa menjalin kerjasama kemitraan dengan Kementerian Perhubungan dalam memanfaatkan teknologi dan saluran digital.
“Sejak awal kami memasuki bisnis data digital, kami telah berkomitmen untuk ikut menyiapkan masyarakat dalam memasuki era digital. Oleh karena itu, kami juga selalu membuka diri bekerjasama dengan unsur-unsur pemerintahan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk melaksanakan program-program yang bertujuan mengatasi persoalan masyarakat luas,” jelasnya.
Dian menambahkan teknologi digital memudahkan untuk melaksanakan program sosialisasi dan edukasi publik secara simultan dengan menjangkau kalangan yang sangat luas. Kerja sama kemitraan kedua belah pihak yang berlangsung selama 3 tahun ini didasari fakta masih cukup tingginya angka kecelakaan yang disebabkan oleh faktor kurangnya kesadaran pengguna jalan dalam menjaga keselamatan diri maupun pengguna jalan lainnya.
Salah satu isu dalam hal ini menyangkut perilaku perempuan dalam berkendara, di mana banyak kebiasaan buruk dilakukan selama di jalan yang kemudian memicu kecelakaan. Data dari Polri menyebutkan, di tahun 2017 kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 98.419 kali, dengan korban jiwa sebanyak 24.213 orang. Faktor manusia masih menjadi penyebab utamanya.
Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan kesadaran untuk menjaga keselamatan berkendara masih menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya, baik masyarakat maupun pemerintah. “Karena itu sosialisasi dan edukasi ke masyarakat masih sangat perlu kami sampaikan hingga saat ini, apalagi tingkat kepemilikan kendaraan bermotor di mayarakat semakin tinggi di semua wilayah Indonesia,” terangnya.
Apalagi kaum perempuan yang mengendarai sendiri kendaraannya juga terus meningkat, namun kenyataannya kepemilikan dan penggunaan kendaraan bermotor ternyata tidak selalu disertai dengan kesadaran menjaga keselamatan di jalan.
Adapun kerja sama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat.
Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id di mana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan berkendara. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet.
Selain itu XL Axiata juga akan memberikan dukungan berupa akses materi sosialisasi dan edukasi melalui saluran digital lainnya milik perusahaan, yaitu MyXL, www.xl.co.id , SMS Blast, mobile advertising dan lain-lain. Sisternet juga akan membawa sosialisasi dan edukasi yang dimaksud pada event offline komunitas perempuan yang selama ini dibina.
Kementrian Perhubungan juga akan menyediakan kurikulum edukasi dan materi dasar sosialisasi. Target jangka pendek dari kerjasama ini antara lain meliputi pelaksaan sosialisasi informasi Aksi Keselamatan Transportasi Darat dan edukasi pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung sosialisasi tersebut. [riq]

Tags: