TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Lakukan Monev ke Desa

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten, Ny Ida Nur Ahmad Syaifuddin meninjau pekarangan Desa Gampang. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Program Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap PKK desa/kelurahan terus dilakukan pengurus TP-PKK Kab Sidoarjo. Pengurus TP-PKK Sidoarjo akan meninjau langsung kinerja PKK desa/kelurahan. Mulai dari penyusunan administrasi sampai kegiatan10 program pokok PKK.
Monev juga akan dijadikan penilaian, bagi PKK desa/kelurahan terbaik dalam pengelolaan organisasinya akan diikutsertakan dalam kegiatan serupa tingkat Provinsi Jatim. Selain itu Monev juga dilakukan lomba pemanfaatan pekarangan.
Hal itu ditegaskan Wakil Ketua I TP PKK Sidoarjo, Ida Nur Ahmad Syaifuddin bersama Wakil Ketua II TP-PKK Sidoarjo, Endang Achmad Zaini dan beberapa pengurus pengurus lainnya saat meninjau PKK Desa Gampang Prambon dan PKK Desa Kraton Krian, Selasa (13/3).
Ny Ida Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan PKK saat ini harus berupaya meningkatkan kualitas kinerjanya. Peningkatan kemampuan dalam pengelolaan program dan kegiatan PKK harus dilakukan.
”Kegiatan PKK tidak hanya menyentuh kebutuhan masyarakat saja. Namun juga harus memperhatikan kelengkapan administrasinya. Pasalnya data yang ada dapat digunakan dalam proses perencanaan pengembangan 10 program pokok PKK. Hal ini sangat penting karena keseluruhan data yang diperoleh dapat dipergunakan sebagai dasar dalam proses perencanaan dan pengembangan keputusan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK,” katanya.
Ia juga berharap, melalui data itu program kerja yang disusun akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga keberadaan PKK dapat dirasakan oleh masyarakat. Sesuai dengan tujuan gerakan PKK, yakni untuk memberdayakan keluarga dan masyarakat. Sehingga ibu-ibu kader PKK yang ada di desa/kelurahan adalah motor penggerak dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.
Karena upaya gerakan PKK tidak terlepas dari peran serta seluruh kader PKK di seluruh wilayah Kab Sidoarjo. ”Maka kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kader yang telah bekerja keras membantu pelaksanaan 10 program pokok PKK, dan program pemerintah daerah,” ucapnya. [ach]

Tags: