Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kadisdik Jatim Kunjungan Kerja Diwilayah Cabdindik Bojonegoro

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr Saiful Rachman MM MPd foto bersama guru SMAN 4 serta Siswa.

Bojonegoro, Bhirawa
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr Saiful Rachman MM MPd kemarin Rabu (7/3) melakukan kunjungan kerja diwilayah Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Bojonegoro, guna memberikan pembinaan terhadap seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/PK-LK bertempat di SMK Negeri 4 Bojonegoro.
Kunker tersebut dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pelayanan lembaga satuan pendidikan yang efektif, efisien, profesional dan akuntabel menuju pendidikan berkualitas. Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim beserta Kepala Bidang Pendidikan SMA dan SMK, serta Seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/PK-LK Negeri/swasta serta pengawas dan seluruh jajaran Cabdindik Kabupaten Bojonegoro.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr Saiful Rachman MM MPd dalam sambutannya, menyampaikan pada tahun politik ini, agar kepala sekolah tetap bersikap netral dan jangan sampai terlibat dalam politik praktis, serta tetap menseterilkan sekolah dari politik dan tidak melibatkan siswa untuk berpolitik.
“Jangan sekali-kali mendatangkan Calon ke sekolah, Pastinya akan saya tindak tegas nantinya,” tandasnya dihadapan ratusan Kepala Sekolah.
Ia juga meminta kepada guru di jawa timur agar menyikapi pesta demokrasi dengan cerdas dalam artian patuh dengan regulasi ASN karena dalam UU ASN PNS dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis.
“Pendidikan khususnya SMA/ SMK/ PKLK harapan kita tetap menjaga netralitas sesuai struktur dari maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB),” terang Saiful Rachman menandaskan lagi.
Lanjut Saiful Rahman, pada kesempatan itu juga menyampaikan bantuan kesejahteraan yang diberikan provinsi bagi GTT dan PTT Bojonegoro adalah yang paling banyak, untuk anggaran bantuan honor guru ditahun 2018 ini, Dinas Pendidikan Provinsi Jatim untuk seluruh GTT dan PTT se Jatim anggarannya sebesar Rp 1,3 Trilyun yang digunakan untuk membantu kesejahteraan GTT dan PTT yang mengabdi di SMA/SMK.
Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Soemiarso menyampaikan ada sebanyak 326 Guru Tidak Tetap (GTT) dan 191 Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang memperoleh bantuan kesejahteraan honor dari provinsi sebesar Rp 750 ribu / orang yang akan diterimanya selama satu bulan sekali.
“Selain itu, Guru yang ikut dengan provinsi sekarang lebih banyak kegiatan dengan mengikuti pelatihan guna meningkatkan kualitas mutu pembelajaran,” Ucap Soemiarso dalam paparanya dihadapan kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.
Secara terpisah, Kepala Sekolah SMKN 4 Bojonegoro, Edy Yusuf mengatakan momen kunjungan kerja Kepala Dinas Pendidikan Provinsi di Bojonegoro memang sangat penting, terlebih lagi pembinaan yang dilakukan guna memberikan arahan yang positif bagi Kepala sekolah untuk terus bekerja meningkatkan serta memajukan sekolah.
“Ya semua perlu arahan kadin terlebih Bojonegoro juga masuk pada tahun politik,” paparnya.
Usai melakukan pembinaan kepada seluruh Kepala sekolah, rombongan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi kemudian juga mengunjungi SMAN 4 Bojonegoro. Kunjungan itu guna melihat persiapan SMKN 4 Bojonegoro dalam menghadapi UNBK mendatang. [bas.adv]

Tags: