Penggunaan DD dan ADD Kab.Bondowoso Harus Tepat Sasaran

Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni saat memberikan arahan bagi para kepala desa se Bondowoso dalam penggunaan DD dan ADD tahun anggaran 2018. (Samsul Tahar/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Memasuki realisasi tahun anggaran 2018, Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni mengarahkan para Kades agar menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa(AD) secara tepat sasaran dan memenuhi prosedur yang berlaku.
Arahan Bupati ini disampaikan langsung pada 209 kepala desa se Bondowoso yang dikumpulkan Pemkab dalam acara Pembinaan, Petunjuk dan Arahan Tim Fasilitasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Pendopo, Rabu (14/3).
“Saya warning agar pelaksanaannya betul-betul tepat sasaran dan tidak keluar dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Bupati Amin dalam sambutannya.
Tak hanya itu, Bupati Amin kembali mengingatkan kepada semua Kades untuk mensinkronkan program pembangunan di desa dengan program pembangunan di tingkat Kabupaten.
“Segala hal ikhwal berkaitan dengan penggunaan DD dan ADD sudah diatur oleh pemerintah kabupaten. Jadi, ikuti dan jalankan sesuai ketentuannya,” tutur Bupati Amin.
Sedangkan, untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat, Bupati Amin berharap agar pemerintahan desa di Kabupaten Bondowoso agar terinspirasi dari desa dan kabupaten lain pada aspek pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan lainnya untuk dijadikan referensi yang baik.
“Desain tentang DD yang sedimikian rupa sudah dirancang oleh pemerintah pusat dan telah diatur secara teknis oleh pemkab. Saya mendorong kepada seluruh kades tidak perlu takut berinovasi dan berkreasi sepanjang rambu-rambu yang harusnya diikuti itu dijalankan dengan baik,” imbuh Bupati dua periode ini.
Mengingat masih ada tujuh desa yang masih belum bisa mencairkan DD, Bupati Amin mengingatkan agar segera melengkapi persyaratan administrasi.
“Laporan harus tepat waktu, salah satu syarat pencairan adalah laporan pertanggungjawaban penggunaan dana periode sebelumnya. Jika pada waktunya desa tidak mampu mempertanggungjawabkannya, saya pastikan uangnya akan hangus. Untuk itu, mati kita belajar untuk tertib administrasi menuju god governace,” pungkas Bupati Amin.
Tampak mendampingi Bupati Amin dalam pengarahan tersebut Plt Sekda Bondowoso Drs H Karna Suswandi MM, Inspektur Wahyudi Tri Atmadji serta para kepala OPD khususnya yang terkait dengan penggunaan anggaran dana desa tersebut yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. [har]

Tags: