Lakpesdam Diharapkan Mampu Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat

Plt.Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto bersama OPD ketika hadir dalam giat diskusi dengan masyarakat Desa Binaan Lakpesdam NU

Lumajang, Bhirawa
Plt. Bupati Lumajang, Buntaran Suprianto, membuka Diskusi “Learning and Sharing” dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Dinas Terkait Guna Membahas Hasil Program Konsorsium Pemberdayaan Kelompok Marginal Desa.
Giat diskusi ini diikuti masyarakat desa binaan Lakpesdam NU, yang bertujuan untuk menciptakan paradigma dan keikutsertaan masyarakat dalam percepatan pembangunan di desa tersebut di gelar di Auditorium PC. NU Kabupaten Lumajang(13/3).
Plt. Bupati menyambut baik adanya kegiatan tersebut, menurutnya program pemberdayaan masyarakat semacam itu membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat desa dan tepat sasaran.
“Ini suatu langkah yang yang sangat bagus, dengan orang- orang desa menjadi pelaku langsungnya”, ujarnya.
Dia menambahkan keterlibatan masyarakat di dalam rencana pembangunan desa dapat melahirkan program desa yang berpihak pada kebutuhan masyarakat. Sebab anggaran desa yang saat ini sudah mencapai angka milyaran menurutnya harus tepat sasaran dan digunakan sesuai kebutuhan masyarakat,.
“Desa sekarang memiliki anggaran yang sangat besar. Itu harus ditata dan digunakan sesuai dengan kebutuhan desa”, jelasnya.
Pada kesempatan itu, Buntaran kembali berharap bahwa PC NU Lumajang melalui Lapkesdam juga memaksimalkan program serupa di desa lain dengan menggunakan kedua desa tersebut sebagai percontohan untuk desa lain.
Sementara itu, menurut Iqwanul muttaqin selaku Koordinator Program Konsorium Pemberdayaan Kelompok Marginal Desa, dalam keterangannya menjelaskan bahwa ada dua Desa yakni Desa Krai Kecamatan Yosowilangun dan Desa Pasirian Kecamatan Pasirian yang saat ini di proyeksikan sebagai pilot projek karena sebagai desa yang sudah memenuhi indikator capaian yang Pemerintahan yang responsif dan masyarakat aktif.
Dia juga menambahkan bahwa partisipasi masyarakat di dua desa tersebut dinilai telah memenuhi syarat dalam hal antusiasme warga untuk berpartisipasi dalam penyusunan rencana program desa serta pemerintah desa yang sesuai dengan usulan masyarakat.
Dalam penutup kegiatan tersebut, dilakukan penandatanganan Deklarasi Gerak Desa, antara Pemerintah Kabupaten Lumajang dan Pengurus PC NU Lumajang dimana pada deklarasi tersebut berisikan dukungan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Desa.(Dwi)

Tags: