Bawaslu Pasuruan Dalami Keterlibatan 12 ASN Kampanye Kotak Kosong

Kantor Bawaslu Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan, Bhirawa
Bawaslu Kabupaten Pasuruan memeriksa 12 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga berkampanye kotak kosong di wilayah Kabupaten Pasuruan. Ketua Bawaslu, Kabupaten Pasuruan, Achmari menyatakan pemeriksaan terhadap belasan ASN itu masih dalam proses kajian pelanggaran UU Pemilukada.
“Semuanya sudah kami periksa. Saat ini tinggal proses pendalaman hingga kajian pelanggaran UU Pemilukada,” papar Achmari, Selasa (13/3).
Sekadar diketahui, Pemilukada Pasuruan pada pemilihan bupati periode 2018-2023 hanya diikuti pasangan calon tunggal yakni Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib). Lantaran hanya diikuti satu pasangan calon, Adjib akan melawan kotak kosong.
Ke 12 ASN itu diduga ikut berkampanye kotak bersama relawan kotak kosong dengan memakai kaos ‘save bumbung kosong dan berfoto dengan pose tangan membentuk tanda 0. Yang lebih heboh lagi, kampanye kotak kosong tersebut diunggah ke media sosial.
“Waktu pengkajian pelanggaran itu maksimal 7 hari. Saat ini kami masih bekerja dalam pendalaman kampanye kotak kosong. Apabila mendapati adanya pelanggaran, kami akan memberikan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Untuk sanksinya, diserahkan ke komisi itu,” tegas Achmari. [hil]

Tags: