Serang Warga, Tim BPBD Tuban Musnahkan Sarang Lebah

Petugas Damkar dari BPBD Kabupaten Tuban saat memusnahkan sarang lebah yang ‘menghantui’ warga perumahan saat lewat.

Tuban, Bhirawa
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Badang Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, terpaksa harus memusnahkan sarang lebah yang berada di atas pohon dihalaman salah satu rumah warga di komplek Perumahan Karang Indah, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Selasa (6/2).
Sarang Lebah berdiameter 35 sampai 45 centimeter dengan berat sekitar 5 Kg tersebut harus diberangus karena semakin bayak lebah yang kerap menganggu warga sekitar. Petugas rescue Damkar BPBD harus memakai pakaian khusus untuk mengambil sarang dan menghindari sengatan Lebah.
“Sarangnya sudah besar, Lebahnya juga banyak, jadi kami juga harus hati-hati menanganinya,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, dilokasi.
Joko menyebutkan, sebelum melakukan evakuasi pada sarang lebah, pihaknya terlebih dahulu harus menyemprotkan cairan pembasmi hama untuk melumpuhkan Lebah yang berada didalam sarang tersebut.
“Kami juga mengalami kesulitan karena posisi sarang lebah tepat berada di tengah-tengah ranting pohon dan juga banyaknya kabel listrik disekitar itu,”ungkap Joko.
Namun setelah memotong beberapa ranting pohon, petugas akhirnya dapat mengevakusi sarang lebah dengan menyemprotkan air yang campur foam (busa) hingga lebah mati.
Sementara itu, Ketua RT 10, RW 05, Ardika (48) mengatakan, sarang itu terbentuk sudah hampir 4 sampai 5 bulan lalu, sempat juga mengusirnya hingga empat kali dengan membakar, maupun menyemprotkannya menggunakan obat serangga, namun tidak mempan, dan masih tetap di tempat tersebut.
“Sudah tiga orang jadi korban sengatan lebah mas, pemilik pekarang di sengat tiga kali, bahkan, sebelumnya anak-anak yang bermain bola di dekat sarang juga menjadi sasaran dari lebah, sampai demam dua hari, ” ujar Ketua RT. (Hud)

Tags: