SBH Wujudkan Masyarakat Peduli Lingkungan

Para peserta lomba presentasi Sidoarjo bersih dari sampah. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Permasalahan sampah hingga kini masih menjadi permasalahan serius yang sulit untuk dituntaskan. Mengingat produksi sampah terus meningkat seiring dengan pertambahnya jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi dan gaya hidup masyakat.
Untuk menanganinya, Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kab Sidoarjo berkomitmen Sidoarjo bebas sampah di tahun 2018 ini. Berbagai program kebersihan dan kepedulian terhadap sampah telah dilaksanakan, termasuk lomba/presentasi Sidoarjo Bersih dan Hijau Zero Waste Academy Tahun 2017-2018, yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.
Ketua Panitia DR M Bahrul Amig, sebelum pindah jabatan ke Dinas Perhubungan menjelaskan, kegiatan SBH ini sudah yang ke 8 kali/8 tahun dan akan kita tingkatkan terus dengan tujuan adalah untuk menanamkan perilaku masyarakat yang berperspektif lingkungan.
”Program ini merupakan implentasi dari instruksi bapak bupati yang menginginkan Sidoarjo bersih dari sampah, dan menangani problem lingkungan,” katanya.
Sebelum kegiatan presentasi ini, telah dilaksanakan penilaian di lapangan targetnya di lingkungan RT, dimana di lingkungan itu masih banyak orang-orang yang sangat peduli dengan lingkungan. Mereka telah mendapatkan dukungan dari RW, Kepala Desa/Kelurahan dan Camat.
”Lingkungan RT itu akan menjadi model prototype, model lingkungan yang betul -betul layak untuk dijadikan pembelajaran,” katanya.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sangat apresiatif dengan kegiatan ini, dimana setiap pelaksanaan SBH di lapangan selalu mengikuti bersih-bersih sungai. ”Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin peduli lingkungan, sehingga mampu mewujudkan budaya bersih dan hijau, khususnya di lingkungan kita sendiri,” harap Bupati Saiful Ilah. [ach]

Tags: