Politeknik Negeri Jember Kembangkan Usaha Baru

Kepala Unit Makanan dan Minuman Pokiteknik Negeri Jember HM. Fathoni dan mesin extrader ciki dan egg roll yang menjadi unit usaha bari Politeknik Negeri Jember, Selasa (6/2) kemarin.

Jember, Bhirawa
Politeknik Negeri Jember produksi makanan ringan chiki dan egg roll sebagai unit usaha baru. Usaha – usaha baru mulai dirintis menyongsong Politeknik Negeri Jember menjadi lembaga tinggi yang mandiri mandiri/ BLU (Badan Layanan Umum) tahun 2019.
Mesin pembuat chiki dan egg roll (extrader chiki) juga buatan sendiri yang di desaign secara khusus, sehingga menghasilkan makananan ringan berkualitas tingggi.
“Mesin ini bisa mampu produksi 20 ton per hari,” ujar Kepala UPT Makanan dan Minuman Politeknik Jember HM. Fathoni kepada bhirawa diruang kerjanya, Selasa (6/28).
Selain ciki, Politeknik Jember juga mempersiapkan produkai air dalam kemasan dan pengalengan ikan (Sarden). ” Mesinnya sudah dipersiapkaan, tinggal pengoperasinnya. Selain itu, juga ada sayuran hidroponik yang akan menjadi usaha baru politeknik Jember,” tandas Fathoni kemarin.
Untuk produksi ciki, pihaknya masih melakukan uji coba untuk menentukan kerenyahan dan rasa yang disesuaikan dengan pasar.” Kalau sudah ketemu pengaturan, nanti tinggal packing. Kami sudah mempersiapkan packing. Dalam waktu dekat, ciki dan egg roll produk Politeknik Jember sudah meluncur dipasaran,” pungkasnya.
Perlu diketahui, Lembaga Pilteknik Negeri Jember ini, diproyeksikan menjadi lembaga tinggi yang mandiri (BLU). Karena perayaratan untuk mejadi lembaga yang mandiri sudah terpenuhi. Salah satu diantaranya jumlah mahasiswa yang sudah tembus minimal 10 ribu mahasiswa. [efi]

Tags: