Pemkab Gorontalo Utara Kunjungi Kota Surabaya

Rombongan dari Pemkab Gorontalo diterima di ruang rapat Bagian Administrasi Kerjasama oleh Kepala Bagian Administrasi Kerjasama Kota Surabaya Dewi Wahyu Wardani, Selasa (13/2). [andre/bhirawa]

(Kerjasama di Bidang TIK)
Pemkot Surabaya, Bhirawa
Pemkot Surabaya dinilai telah menjalankan dengan baik sistem pemerintahan berbasis elektronik. Hal tersebut menarik berbagai institusi pemerintahan untuk mempelajari lebih lanjut. Salah satunya Pemkab Gorontalo Utara.
Rombongan dari Pemkab Gorontalo diterima di ruang rapat Bagian Administrasi Kerjasama oleh Kepala Bagian Administrasi Kerjasama Kota Surabaya Dewi Wahyu Wardani, Selasa (13/2).
Kunjungan tersebut terkait Benchmarking Penyelenggaraan BLC dan Penyampaian Permohonan Kerjasama antara Pemkab Gorontalo Utara dengan Pemkot Surabaya di Bidang Penyelenggaraan Pemerintah berbasis TIK.
Kunjungan dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara Robin HD. Menurut Robin, implementasi TIK di Pemkab Gorontalo Utara belum optimal.
Pihaknya sangat tertarik dengan implementasi TIK yang ada di Kota Surabaya. Surabaya dinilai telah menjalankan sistem pemerintah berbasis elektronik dengan baik.
Robin berniat pada awal tahun pihaknya dapat menjalankan pemerintahan berbasis elektronik. Ia menambahkan, pihaknya berencana untuk menjalin kerjasama dengan Pemkot Surabaya.
Terkait kerjasama Kasubag Kerjasama Dalam Negeri Bagian Administrasi Kerjasama Kota Surabaya Budi Yusvandani menjelaskan, diharapkan nantinya ada pertukaran potensi perdagangan antara Pemkab Gorontalo Utara dan Pemkot Surabaya.
Lebih lanjut perempuan yang akrab dipanggil Vanda tersebut menjelaskan, Pemkot Surabaya melakukan sentralisasi penyelenggaraan TIK.
Menurutnya Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki tupoksi menyelenggarakan pemerintah berbasis elektronik. Sementara itu Dewi Wahyu Wardani menuturkan kerjasama dengan Pemkab Gorontalo nantinya diharapkan lebih spesifik. Seperti aplikasi e-Surat, e-Budgetting dan sebagainya. [dre]

Tags: