KPU Kabupaten Tulungagung Hanya Verifikasi Perbaikan PKPI

Agus Safei dan staf KPU Tulungagung melakukan verifikasi terhadap anggota PKPI di kantor KPU Tulungagung, Selasa (6/2).

Tulungagung, Bhirawa
Kendati ada dua parpol calon peserta Pemilu 2019 yang dinyatakan belum memenuhi syarat dan harus melakukan perbaikan, namun sampai Selasa (6/2) kemarin, KPU Tulungagung hanya melakukan verifikasi terhadap DPC Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).
Anggota KPU Tulungagung, Agus Safei SH, pada Bhirawa di Kantor KPU Tulungagung, Selasa (6/2), mengungkapkan KPU Tulungagung hanya melakukan verifikasi perbaikan terhadap DPC PKPI karena DPC Partai Bulan Bintang (PBB) belum menyerahkan data perbaikan. “Jadi yang kami verifikasi sekarang hanya PKPI,” ujarnya.
Menurut dia, jika DPC PBB Tulungagung tidak menyerahkan data perbaikan maka statusnya di Tulungagung bisa dinyatakan tidak memenuhi syarat. “DPC PBB Tulungagung setelah kami verifikasi sebelumnya banyak yang belum memenuhi syarat. Hanya keterwakilan perempuan saja yang memenuhi syarat. Sedang yang lainnya seperti keanggotaan dan kepengurusan belum memenuhi syarat,” tuturnya.
Menjawab pertanyaan, Agus Safei menandaskan verifikasi perbaikan bagi parpol yang belum memenuhi syarat dilakukan sampai Selasa (6/2). “Jadi ini sekarang (kemarin) hari terakhir verifikasi. Nanti tanggal 8 Februari kami lakukan rekap semua parpol yang telah diverifikasi. Yakni 12 parpol peserta Pemilu 2014 dan empat parpol baru,” paparnya.
Sementara itu, terkait verifikasi untuk DPC PKPI, komisioner KPU Tulungagung yang membidangi divisi hukum ini menyatakan tinggal memperbaiki keanggotaan partai. Dalam verifikasi awal anggota DPC PKPI Tulungagung yang terverifikasi hanya delapan anggota dari 50 anggota yang disyaratkan.
“Dengan demikian PKPI hari ini (kemarin) harus mendatangkan sedikitnya 42 anggota lagi untuk diverifikasi. Dan sesuai permintaan mereka, verifikasinya berlangsung di Kantor KPU Tulungagung,” jelasnya.
Ketua DPC PKPI Tulungagung, Andreas, ketika dikonfirmasi terkait perbaikan data keanggotaan parpol merasa optimis akan dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Tulungagung. “Kami sudah berusaha. Dan sekarang sudah kami hubungi para anggota PKPI yang belum terverifikasi untuk hadir di Kantor KPU Tulungagung,” ucapnya. (wed)

Tags: