KPU Kabupaten Jombang Verifikasi Empat Parpol

Verifikasi Faktual Parpol oleh KPU Jombang pada DPC PPP Jombang, Kamis petang (1/2). [Arif Yulianto]

Jombang, Bhirawa
Hari terakhir Verifikasi Faktual Partai Politik (Parpol) di Jombang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap empat Parpol, yakni Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDI-P) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kamis (01/02).
Pada Verfak pada Partai Demokrat, Kamis pagi di hari yang sama, KPU Jombang melakukan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan Parpol pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.
Kamis petang, KPU Jombang juga melakukan verifikasi faktual kepada PPP Jombang di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Jombang. Setelah menyelesaikan tahapan verifikasi faktual Parpol kepada 12 Parpol selama tiga hari berturut- turut, KPU Jombang bakal melakukan rapat pleno terkait hasil verifikasi tersebut. “Memenuhi Syarat atau tidaknya, akan dilakukan dalam pleno yang kita lakukan Kami malam (01/02). Hasilnya akan kami serahkan pada Parpol tanggal 02 Februari,” kata Komisioner KPU Jombang Divisi Hukum, Ato’illah.
Terkait hasil Verfak ke PPP Jombang, dikatakannya seluruh data yang di sampaikan sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Verifikasi keanggotaan sudah selesai. Secara prinsip, verifikasi kepengurusan sudah sesuai, tapi masih ada input yang keliru. NIK salah satu pengurus ada yang salah input satu digit. Segera akan di perbaiki partainya,” tambah Atho’.
Sementara itu Ketua DPD PPP Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menjelaskan, kekeliruan input NIK satu digit salah satu pengurusnya langsung di lakukan perbaikan. Ia optimis partainya bakal lolos dalam verifikasi tersebut. “Kekeliruannya langsung di perbaiki oleh sekretaris, Insya Alloh kami akan lolos,”singkatnya. [rif]

Tags: