Komisi II DPRD Kab Gresik KKLD Ke Pemkab Ngawi

Kunjungan Kerja Luar Daerah (KKLD) Komisi II DPRD Kab Gresik Gresik di Kab Ngawi.

Gresik, Bhirawa
Guna memenuhi proses perubahan terkait Perda Nomor 7 Tahun 2011, tentang Pajak Bumi Bangunan (PBB). Komisi II DPRD Gresik melakukan kunjungan ke Kab Ngawi. Untuk mencari data sebanyak-banyak agar bisa diterapkan dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Menurut Ketua Komisi II DPRD Gresik, Sholahuddin SH, kegiatan komisi sekarang untuk mencari data sebanyak-banyaknya. Guna memenuhi unsur dalam perubahan Perda Nomor 7 Tahun 2011, karena perubahan status tanah dari lahan pertanian atau lainya, menjadi industri, pergudangan, perumahan. Yang nilai NJOP hingga kini belum ada perubahan.
Sedangkan harga pasaran sekarang hampir keseluruhannya sudah naik, kalau tidak diubah. Maka potensi PAD tidak bisa ada penambahan. Maka sebelum diubah perlu ada kajian dan pengumpulan data pada daerah lain. Sehingga penetapan Perda nanti ada dasar yang bisa langsung dijalankan.
”Yang menarik dari hasil kunjungan ke Pemkab Ngawi, adalah soal pelayanan dilakukan jemput bola langsung pada masyarakat. Pencapaian PBB bisa 100% sedang di Kab Gresik masih belum, padahal sudah banyak tanah berubah status.
”Kami berharap dengan perubahan Perda ini, nantinya bisa menambah PAD. Juga ada prioritas, bagi masyarakat yang masih mempertahankan lahan pertanianya ada reward secara khusus. ”Ini juga salah satu yang diperjuangkan, selain menaikan nilai NJOP,” ujarnya.
Ditambahkan Sholehuddin, penentuan tarif NJOP. Secara detail juga akan diatur dalam Perda di masing-masing zona, sehingga nanti harganya tidak sama. Tidak seperti sekarang yang hanya mengunakan harga pasaran, sehingga mengundang penafsiran berbeda.
Hal senada juga dikatakann Anggota Komisi II DPRD Gresik, Faqih Usman, selama ini target PBB di Kab Ngawi bisa terpenuhi. Bahkan lebih, lain di Gresik malah berkurang dari target yang ditentukan. Dan ini berjalan di tiap tahun, juga ada mobil keliling yang ditempatkan di tempat tertentu sehingga wajib pajak tidak harus jauh datang ke kota. Pola pelayanan ini nantinya bisa diadopsi dalam perubahan Perda. [kim.adv]

Tags: