Ketum KONI Pusat Minta Olahraga Jadi Pemersatu

Tono Suratman

Kupang, Bhirawa
Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman meminta jajarannya di daerah untuk menjadikan olahraga sebagai alat perekat dan pemersatu seluruh elemen anak bangsa yang ada.
“Olahraga itu penting karena bisa menjadi sarana dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan,” kata Tono Suratman di Kupang, Rabu.
Dia mencontohkan, olahraga telah menyatukan dua Korea pada opening ceremony Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan (Korsel) baru-baru ini.
Presiden Korsel Moon Jae-in bersalaman dengan adik perempuan pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Yo-jong, yang hadir sebagai ketua kontingen.
Beberapa menit menjelang seremoni pembukaan, Moon mendatangi dan menyambut sejumlah pemimpin dunia, termasuk Kim Yo-jong dan Presiden Presidium Dewan Rakyat Korut Kim Yong-nam.
“Saya diundang ke Korea untuk mengikuti acara opening ceremony Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan (Korsel), dan olahraga menjadi ajang untuk menyatukan dua Korea,” katanya menjelaskan.
Artinya, kata dia, dunia olahraga merupakan ajang penting untuk menyatukan perbedaan-perbedaan, sekaligus memupuk kebersamaan dan persaudaraan di antara perbedaan yang ada.
Gubernur NTT, Frans Lebu Raya menambahkan, salah satu upaya untuk menjaga hubungan persaudaraan antarsesama warga di provinsi berbasis kepulauan itu adalah dengan menyelenggarakan pekan olahraga provinsi.
“Memang, ada daerah yang kurang merespon, tetapi tugas KONI adalah bagaimana meyakinkan mereka agar ikut serta dalam pekan olahraga provinsi yang diadakan setiap tahun ini,” katanya.
Pengurus baru KONI NTT masa bhakti 2017-2021 yang dilantik adalah Andre W Koreh sebagai Ketua Umum KONI Provinsi NTT dan Sekretaris Lembertus Tukan. [ant]

Tags: