Imbau Uji Publik Perda Limbah Domestik Sejalan Pelestarian Lingkungan

Bupati Lumajang Drs As at Malik ketika membuka giat uji publik Raperda limbah domestik di Pendopo Kabupaten Lumajang

Lumajang, Bhirawa
Dalam rangka untuk menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan air limbah domestik yang sejalan dengan upaya pelestarian alam dan lingkungan, Bupati Lumajang Drs. As at Malik mengajak stakeholder yang ada untuk bersama sama memberikan masukan dan pendapat demi kesempurnaan subtansi dalam rancangan peraturan daerah sebelum di ajukan ke DPRD.
Hal tersebut disampaikannya pada saat membuka giat Uji Publik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang, Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik yang digelar di Pendopo Kabupaten Lumajang, pada Rabu (7/2).
Kegiatan uji publik yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan organisasi IUWASH Plus (Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua) yang melibatkan jajaran OPD terkait, seluruh Camat, Lurah,Sanitarian dan Penanggung jawab UKS di setiap sekolah, pengelolah saluran IPAL, Pengusaha Properti, serta dari unsur Akademisi.
Dari acara uji puyblik ini diharapkan dapat memberikan masukan dan pendapat yang mengarah pada kesempatan , sebelum diajukan ke DPRD. “Tugas kita menyesuaikan limbah domestik seperti apa, dan agar tidak menggagu lingkungan, serta memastikan semua terproses dengan aman”, ujarnya.
Pada kesempatan itu,Bupati juga menjelaskan sebagai Pemerintah Kabupaten Lumajang,juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan memastikan bahwa semua proses tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan sesuai dengan ketentuan yang ada, dengan harapan keberadaan Perda nantinya benar benar dapat memaksimalkan upaya pelestarikan dan menjaga kesehatan lingkungan.
Untuk itu stageholder yang terkait dalam penyusunan rancangan Perda tersebut benar-benar mengkaji muatan yang terkandung dalam Perda tersebut, sehingga ketika telah disahkan bersama Dewan nantinya bisa mendukung percepatan pembangunan dibidang Lingkungan.
“Saya berharap perda ini kita harus bener-bener kita uji sebelum di ajukan ke DPRD, semoga ini mendukung percepatan pembangunan lumjang terkait masalah lingkungan”, jelasnya.
Sementara itu, menurut Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan uji publik tersebut diharapkan dapat menjadi literatur dalam bentuk saran dan pendapat dari pihak-pihak yang memiliki kompetensi, sehingga rancangan Perda tersebut dapat sempurna sebelum diajukan ke Dewan untuk sahkan.(Dwi)

Tags: