Imbau Orang Tua Pantau Perayaan Valentine’s Day

Sugiono Eksantoso

Lumajang, Bhirawa
Dalam rangka mengantisipasi kegiatan negatif anak dalam valentine’s day yang jatuh tiap-tiap 14 Februari, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lumajang, Sugiono Eksantoso memberikan surat edaran (SE). Surat edaran ini berisi imbauan kepada Kepala Sekolah untuk merangkul para orang tua siswa dalam melakukan pengawasan terhadap anak didik.
Surat edaran yang ditujukan kepada para Kepala Sekolah SMA/SMK,PK, PLK, Negeri maupun swasta tersebut berisikan imbauan kepada Kepala Sekolah untuk melarang siswa yang merayakan valentine’s day baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Sedangkan untuk menjalin sinergi antara sekolah dan orang tua siswa, sekolah juga diimbau untuk mengeluarkan surat edaran kepada orang tua siswa agar melakukan pengawasan terhadap anaknya.
“Imbauan itu merupakan bagian dari implementasi kita dalam rangka pembentukan pendidikan karakter bagi anak,” ujarnya.
Sugiono juga menjelaskan bahwa tujuan surat himbauan itu juga bagian dari menciptakan kekondusifan situasi belajar mengajar di sekolah dalam kaitanya peringatan valentine’s day.
Dia juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa Valentine’s day itu bukan budaya bangsa Indonesia, sehingga makna hari kasih sayang itu, harus ditujukan kepada orang tua dan guru, dengan cara hormat dan patuh kepada orang tua dan guru disekolah.
“Kasih sayang itu bukan hanya tiap acara valentine saja tapi tiap saat, yaitu lebih curahkan pada kasih sayang pada orang tua,guru dan sesamanya, sesuai dengan ajaran agama,” jelasnya. Lebih lanjut dikatakan bahwa pada velentine ini siswa diharapkan tetap fokus belajar.
“Apalagi sekarang kelas tiga harus fokus pada persiapan UNBK karena sudah dekat,” pungkasnya. [dwi]

Tags: