Harga Beras Jenis Medium di Kabupaten Malang Masih Tinggi

Persediaan beras di gudang Perum Bulog Divre VII Malang, di Jalan Raya Desa Kebonagung, Kec Pakisaji, Kab Malang.

Kab Malang, Bhirawa
Harga beras di wilayah Kabupaten Malang hingga kini masih fluktuatif, karena harga di pasaran sampai sekarang cenderung relatif tinggi. Bahkan, pada beberapa hari belakangan ini harga beras naik lagi. Dan tidak stabilnya harga beras itu diperkirakan sampai dengan bulan Maret hingga April 2018 mendatang. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang Nurcahyo, Minggu (4/2), kepada wartawan.
Menurutnya, harga beras stabil baru bisa normal bersamaan dengan musim panen raya. Sedangkan kenaikan harga beras di Kabupaten Malang paling signifikan. “Apalagi jenis beras medium yang kini mecapai harga, mulai dari Rp 10 ribu-Rp 11.500 per kilogram (kg),” jelasnya.
Sejauh ini, kata dia, penyaluran beras medium kepada masyarakat Kabupaten Malang sudah mencukupi, dan tidak ada masalah. Namun, yang menjadi persalahan adalah harga beras di pasaran masih tinggi. Sehingga dengan harga beras tinggi, maka pihaknya terus memantau pendistribusi beras yang dilakukan oleh Perusahan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Sementara, Perum Bolog hingga kini sudah sudah menggelontorkan beras sebanyak 200 ton, yaitu untuk menstabilkan harga beras di pasaran, dengan cara melalui program kemitraan dengan distributor.
“Beras yang diglontorkan Perum Bulog sebanyak itu, guna menekan harga di pasar. Karena saat ini harga pasaran untuk beras dari Bulog dibanderol dengan harga Rp 9.200 per kg. Sedangkan Harga Eceran Tertinggi (HET) di Kabupaten Malang, ada selisih harga Rp 250 lebih murah jika dibandingkan harga beras dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), yakni sebesar Rp 9.450 per kg,” ungkap Nurcahyo.
Oleh sebab itu, lanjut dia, meskipun harga beras di Kabupaten Malang masih fluktuasi, namun persediaan beras di Kabupaten Malang dipastikan aman, baik itu stok beras maupun serbuan beras impor. Dan jangankan impor beras dari luar luar negeri, impor dari kota lain saja tidak. Sebab, Bupati Malang sudah berkomitmen bahwa Kabupaten Malang tetap mempertahankan swasembada pangan, termasuk beras.
Secara terpisah, Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional (Divre) VII Malang Dian Paramita membenarkan, jika stok beras di wilayah Kabupaten Malang masih relatif aman. Dan untuk menstabilkan harga beras di pasaran, maka pihaknya terus melakukan stabilisasi harga melibatkan mitra dengan menggelontor beras ke pasar maupun penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra). “Untuk stok beras di gudang Bulog hingga kini masih mencukupi sampai bulan Maret 2018 mendatang,” tegasnya.
Dijelaskan, stok beras di gudang Bulog dalam kondisi aman, karena di gudang masih tersimpan 6 ribu ton, dan jumlah itu bisa untuk mencukupi kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Malang. Sementara, penyaluran bansos rastra juga terus bergulir, seperti di wilayah Kabupaten/Kota Pasuruan, sudah kita gulirkan beras sebanyak 109.031 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan penyaluran bansos rastra di Kabupaten Malang sebanyak 161.903 (KPM).
Menurut Dian, Bulog sudah melakukan berbagai upaya dalam membendung melonjaknya harga beras di pasaran. Sedangkan upaya yang sudah dilakukan, yakni menurunkan harga penjualan melibatkan mitra atau distributor yang harga sebelumnya Rp 9.350 per kg menjadi Rp 8.500 per kg.
Sehingga upaya Bulog ini diharapkan agar bisa menstabilkan harga beras medium ditingkat pedagang, yakni pada dikisaran Rp 8.800 per kg, dan tertinggi hanya Rp 9 ribu per kg. “Beras yang sudah diserap distributor di wilayah Malang Raya dan Pasuruan sudah mencapai 750 ton,” terangnya.
Meski Bulog sudah menggElontorkan bansos rastra jenis medium dan sudah terserap di pasaran, kata dia, namun dirinya merasa heran karena harga beras medium di pasaran harganya masih Rp12.500 per kg. Sehingga harga beras medium saat ini seolah-olah jadi beras premium. Untuk itu, pihaknya terus berupaya melakukan stabilisasi harga, yaitu terus meningkatkan penyaluran bansos rastra agar beras medium secepatnya bisa menekan harga di pasaran. [cyn]

Tags: