Fraksi DPRD Kab Sidoarjo Terbelah Soal Konsep RSUD Krian

Bangun Winarso

Sidoarjo, Bhirawa
Semua fraksi DPRD Sidoarjo mendukung percepatan pembangunan RSUD wilayah barat (Krian). Hanya Pemkab jangan ‘memaksakan’ satu konsep pendanaan dengan pola investasi KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). Sujalil, anggota FPDIP, meminta pihak eksekutif untuk membuat kajian lebih detail lagi tentang sistem yang diterapkan.
Dewan tak ingin hanya ada kajian dari satu Opsi saja, yakni dari sistem KPBU. Sebab, dalam pemaparan semalam, eksekutif hanya menyodorkan sistem pembiayaan pembangunan dan pengelolaan dari sisi sistem KPBU saja.
Ia mengingatkan PT SMI orientasi provit dan sebagai sales berusaha meyakinkan Pèmkab untuk memilih KPBU.
Bangun Winarso dari FPAN menilai ada sistem lain yang juga bisa digunakan, yakni pembiayaan sendiri dari APBD. Nah, dewan ingin mendengar pemaparan kajian dari Opsi itu. ”Dari situ kami mengkaji mana yang lebih baik dan efisien untuk diterapkan,” ujarnya..
Sistem KPBU memang baik. Hanya saja, pemkab harus membuka diri dengan opsi lainnya. Hal itu agar didapatkan sistem terbaik. Sebab, jika hanya satu opsi saja yang disodorkan, dewan akan kesulitan melakukan penilaian yang objektif. ”Semua harus dipaparkan kekurangan dan kelebihannya. Jangan hanya menyodorkan satu Opsi saja,” sebut Bangun. [hds]

Tags: