Eks Asintel Kejati Jabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim

Mantan Asintel Kejati Jatim Edy Birton yang naik jabatan sebagai Wakajati Jatim. [abednego/bhirawa]

Kejati Jatim, Bhirawa
Rotasi jabatan tidak hanya terjadi di lingkungan Polri dan TNI. Kali ini gerbong mutasi jabatan terjadi di lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia (RI), salah satunya di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur.
Berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : KEP-030/A/JA/02/2018 tanggal 5 Februari 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural di lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia. Wakil Kepala Kejati (Wakajati) Jatim yang semula dijabat Rudi Prabowo Aji kini digantikan oleh Edy Birton.
“Benar, jabatan Wakajati Jatim yang semula dijabat Pak Rudi Prabowo Aji akan digantikan oleh Pak Edy Birton,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim Richard Marpaung kepada Bhirawa, Selasa (13/2).
Sebelumnya , Edy Birton pernah menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Jatim selama kurang lebih 20 bulan. Selanjutnya Edy Birton naik jabatan menjadi koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia, hingga dia kembali ke Jawa Timur untuk menjabat sebagai Wakajati Jatim.
“Sekitar kurang lebih dua puluh bulan Pak Edy menjabat Asintel Kejati Jatim. Dan kini beliau kembali lagi dengan jabatan Wakajati Jatim,” jelas Richard.
Ditanya terkait pengganti Kepala Kejati (Kajati) Jatim Maruli Hutagalung yang memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang, Richard mengaku belum mengetahui siapa penggantinya. “Sampai saat ini belum ada informasi terkait pengganti Pak Maruli. Kalau sudah ada informasi, akan kami sampaikan,” ucap Richard.
Sementara Wakajati Jatim lama, Rudi Prabowo Aji menjabat pada jabatan baru sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia. [bed]

Tags: