Deretan Prestasi Ditorehkan SMKN 1 Kota Kediri

Kota Kediri, Bhirawa
Sederet prestasi berhasil ditorehkan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Kediri , Dalam kurun 1 semester ganjil Sekolah ini memborong 47 prestasi Juli – Desember 2018. Diantara puluhan torehan ini, didominasi oleh bidang olahraga dan jurnalistik.
Wakil Kepala Kesiswaan SMKN 1 Kediri, Jatmiko menuturkan, seluruh siswa harus berbangga diri, karena bersekolah di lembaga yang menjadi pioner di Kota Kediri. Menurut kunci sukses dari raihan tersebut adalah kedisiplinan.
“Kami selalu menekankan kedisiplinan kepada seluruh siswa. Sebab hanya melalui disiplin, rajin belajar dan berlatih, maka prestasi akan mudah didapatkan,” kata Jatmiko, Jumat (2/2).
Lebih lanjut, selain bidang olahraga dan jurnalistik, penghargaan yang diterima anak didiknya juga dari perlombaan sains dan keorganisasian. Dirinya berharap, seluruh siswa semakin termotivasi dalam mengembangkan pengetahuan dan bakatnya.
SMK Negeri 1 Kediri berdiri, 14 Agustus 1962. Sebelumnya bernama STM “Pagora”. Pada saat itu bernama STM Negeri Kediri dengan 3 jurusan yaitu : Bangunan, Mesin, dan Listrik.
Pada1985, sekolah berbasis vocasi ini mendapat bantuan dari Bank Dunia sebagai SMK Type A dengan 5 jurusan yaitu Bangunan, Elektronika, Listrik Instalasi, Mesin dan Otomotif.
Pada Januari 1998 STM Negeri 1 berubah menjadi SMK Negeri 1 Kediri Kelompok Teknologi Industri berdasarkan surat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.
Sesuai surat dari Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan bernomor : 2646/C5.3/MN/2005 tertanggal 24 Agustur 2005 SMK Negeri 1 ditetapkan menjadi SMK Besar.
Sekolah tersebut difokuskan kepada daya tampung siswa dan optimalisasi sumber saya tanpa mengabaikan kualitas lulusan dengan jumlah siswa berkisar 1.920 dengan 60 kelas.
Melihat perkembangan baik kuantitas maupun kualitas di SMK Negeri 1 Kediri yang maju, maka pada 23 Juli 2007 berdasarkan Keputusan Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional No: 3425b/C5.3/Kep/KU/2007 SMK Negeri 1 menjadi Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
Dan dari hasil penilaian tim Direktur Pembina SMK SMK Negeri 1 dengan SK Nomor: 27943b/C.5.3/Kep/KU2008 pada tanggal 4 Juni 2008 SMK ditunjuk sebagai salah satu SMK Model dari 90 SMK se Indonesia sebagai SMK SBI INVEST ADB.
Yang mendapat bantuan Black grand dari penyusunan SBP sampai pelaksanaan pengembangan yakni : Penajaman manajemen, Kualitas Pembelajaran dan hasil belajar, Hubungan kerja sama Industri dan Kewirausahaan. [Van]

Tags: