Deklarasi Damai Amankan Pilgub Jatim

Pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Damai untuk Pilgub Jatim 2018 yang dilaksanakan di Mapolres Batu

Kota Batu,Bhrawa
Bukan tugas ringan untuk menciptakan keamanan dan lancarnya penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur 2018. Karena itu dibutuhkan komitmen bersama dari semua pihak untuk berpartisipasi aktif menciptakan Pilgub yang kondusif. Hal ini menginsiprasi Kaepolisian Resor Batu mengajak semua pihak untuk melakukan Deklarasi Damai.
“Deklarasi ini bertujuan agar Pilgub 2018 mendatang mampu mewujudkan rasa aman, damai dan kelancaran dalam pesta demokrasi lima tahun sekali ini,”ujar Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto saat dikonfrmasi, Sabtu (10/2).
Diketahui, Kapolres Batu telah mengumpulkan Partai Politik (parpol), Forum Pimpinan Daerah (forpimda), TNI dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Mapolres Batu. Mereka diajak untuk membangun komitmen menjaga Pilgun lebih kondusif. Hal ini ditandai dengan pengucapan dan penandatanganan Deklarasi Damai.
Dalam deklarasi damai yang diucapkan bersama-bersama, intinya mengajak semua yang ikut dalam deklarasi untuk mensukseskan Pilkada Jatim secara jujur dan adil. Ada juga pernyataan Parpol pendukung paslon yang siap menerima hasil pilkada yang disahkan oleh KPU Jatim. Dan semua itu akan mendapatkan dukungan penuh Polisi dan TNI sebagai penjaga stabilitas keamanan Pilkada.
Adapun pihak yang terlibat dalam Pengucapan Deklarasi Damai antara lain, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua KPU Kota Batu Rochani, Panwaslu Kota Batu Abdur Rochman, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ir. Bachrudin, Ketua Panwaslu Kabupaten Malang Abdul Fatah, Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Pabung Kodim 0818 Mayor Inf Budi Santoso, Kajari Kota Batu Nur Chusniah, dan Pimpinan Parpol se-Kota Batu.
Sementara itu Wakil Walikota Batu Punjul Santoso memberikan apresiasi atas gagasan Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto yang dalam upaya menciptakan Pilgub Jatim yang aman dan lancar. Dan pasca deklarasi ini diharapkan seluruh elemen masyarakat dan forpimda bisa saling bekerjasama.
“Dengan mendeklarasikan bersama-sama, maka KPU tidak kerja sendiri. Jadi saling bekerjasama untuk mewujudkan Pilgub yang sesuai diinginkan,” kata Punjul.
Sebelum Deklarasi, Polres Batu juga menggelar simulasi tentang kerawan yang terjadi massa kampanye, masa tenang dan pemungutan suara. Dalam kesempatan itu ditunjukkan kesiapan anggota Polres Batu, TNI, dan linmas saat pengamanan Pilkada.
Ada sekitar 350 personel yang terlibat dalam simulasi pengamanan ini. Jumlah Ini belum termasuk jika nanti meminta penambahan personel baik dari TNI maupun Brimob Polda.
“Soal titik kerawan pelanggaran masih kita lakukan kajian. Sementara fokus kita saat ini memantau kerawanan akibat bencana alam, seperti longsor dan banjir. Ini kami libatkan instansi terkait, yaitu BPBD Kota Batu,” pungkas Budi Hermanto.(nas)

Rate this article!
Tags: